Perbedaan motivasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Picture and Student Active (PASA) dengan yang menggunakan picture and picture pada mata pelajaran sejarah kelas X IIS di SMAN 2 Malang / Wiga Rafita - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan motivasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Picture and Student Active (PASA) dengan yang menggunakan picture and picture pada mata pelajaran sejarah kelas X IIS di SMAN 2 Malang / Wiga Rafita

Rafita, Wiga (2016) Perbedaan motivasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Picture and Student Active (PASA) dengan yang menggunakan picture and picture pada mata pelajaran sejarah kelas X IIS di SMAN 2 Malang / Wiga Rafita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rafita Wiga. 2016. PerbedaanMotivasiBelajarSiswa yang Menggunakan Model PembelajaranPicture and Student Active(PASA) dengan yang MenggunakanPicture and Picturepada Mata PelajaranSejarahKelasX IIS di SMAN 2 Malang. Skripsi JurusanSejarah FakultasIlmuSosial UniversitasNegeri Malang.Pembimbing (I) Dr. JokoSayono M.Pd. M.Hum (II) Deny YudoWahyudi S.Pd. M.Hum. Kata Kunci picture and studentactive (PASA) motivasibelajar picture and picture sejarah. Model pembelajaranyang inovatifsangatberpengaruhterhadapmotivasibelajarsiswadanmenjadikanpelajaransejarahlebihefektif.Pembelajaransaatinimasihberpusatpada guru danbukuteks.Salah satu model pembelajaran yang dapatmendukungsiswauntukmelakukanpembelajaran yang berpusatpadasiswaadalah model pembelajaranPicture and Student Active (PASA) danPicture and Picture.Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmengetahuiperbandingan model pembelajaranPicture and Student Active (PASA) danPicture and Picture terhadapmotivasibelajarsiswa. Masalah yang dirumuskanpadapenelitianiniadalahpertama bagaimanamotivasibelajarsiswa yang menggunakan model pembelajaranPicture and Student Active (PASA) dengan yang menggunakan model pembelajaranpicture and picture. Kedua apakahadaperbedaanmotivasibelajarsiswa yang menggunakan model pembelajaranPicture and Student Active (PASA) dengan yang menggunakanmodel pembelajaranPicture and Picture. Penelitianinidilakukan di SMAN 2 Malangpadawaktu semester genaptahun 2015/2016.Penelitianinimenggunakanmetodepenelitianeksperimendengan model quasi experimental design.Populasipadapenelitianiniadalahkelas X IIS. Sampeldiperolehberdasarkanpertimbangantertentu.Keadaankeduakelasharusseimbangsehinggadiperolehkelas X IIS 3 sebagaikelaseksperimendankelas X IIS 4 sebagaikelaskontrol.Instrumenyang digunakanadalahinstrumenperlakuanberupaSilabusdan RPP sedangkaninstrumenpengukuranberupaangketmotivasisiswasebelumdansesudahperlakuan.Analisisstatistik yang digunakanadalahuji-t. Berdasarkanhasilpenelitianinidapatdiketahuibahwa model pembelajaranpicture and picturedapatmempengaruhimotivasibelajarsiswakelaskontroldengan rata-rata skorperolehanangketpraperlakuan 64 03 kemudianmenjadi 81 62 setelahdiberikanperlakuan. Sedangkan model pembelajaranpicture and studentactive (PASA) jugamempengaruhimotivasibelajarsiswa. Hal inidibuktikandenganskorperolehanangketpraperlakuan 60 29kemudianmenjadi 82 82 setelahdiberikanperlakuan. Kedua terdapatperbedaanmotivasibelajar yang signifikanantarasiswa yang menggunakan model pembelajaran picture and studentactive (PASA) dengan yang menggunakanmodel pembelajaranpicture and picture padamatapelajaransejarah.Perbedaanmotivasibelajarsiswajugadapatdilihatmelaluinilai rata-rata gainscorekelompokeksperimen 22 32dan 17 79 untukkelaskontrol. Sehinggadapatdisimpulkanbahwamotivasibelajarsiswa yang menggunakan model pembelajaranpicture and student active (PASA) lebihtinggidibandingkandengansiswa yang menggunakan model pembelajaranpicture and picture. Diharapkanpenelitianinidapatmenambahinspirasibagi guru dalammenerapkan model pembelajaranuntukmeningkatkanmotivasisiswa.Bagipeneliti lain dapatmelakukanpenelitianmengenai model pembelajaranPicture and Student Active (PASA) yanglebihmenarikdaninovatiflagidenganmelakukanmengembangandalamkeseluruhanaspek (instrumen sampel tempat) objekdiperluas model pembelajaranlebihbervariasilagisertamempertimbangkanvariabel lain ataupadamatapelajaran lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54904

Actions (login required)

View Item View Item