Penggunaan model pembelajaran kooperatif group investigation dengan media slide puzzle untuk meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS 4 di SMA Negeri 3 Probolinggo tahun ajaran 2015/2016 / Febrina Wahyuning Tyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan model pembelajaran kooperatif group investigation dengan media slide puzzle untuk meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS 4 di SMA Negeri 3 Probolinggo tahun ajaran 2015/2016 / Febrina Wahyuning Tyas

Tyas, Febrina Wahyuning (2016) Penggunaan model pembelajaran kooperatif group investigation dengan media slide puzzle untuk meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS 4 di SMA Negeri 3 Probolinggo tahun ajaran 2015/2016 / Febrina Wahyuning Tyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tyas FebrinaWahyuning. 2016. Penggunaan Model PembelajaranKooperatifGroup Investigation dengan Media Slide PuzzleuntukMeningkatkanHasilBelajarSejarahSiswaKelasXI IPS 4 di SMAN 3 ProbolinggoTahunAjaran 2015/2016. Skripsi JurusanSejarah FakultasIlmuSosial UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Hariyono M.Pd (2) Aditya NugrohoWidiadi S.Pd.M.Pd. Kata kunci Group Investigation slide puzzle hasilbelajar pembelajaransejarah. Pembelajaransejarahseringkalidianggapsebagaipelajaran yang tidakpentingolehsiswa sehinggahasilbelajarcenderungrendah. Kondisiini juga terjadi di SMAN 3 Probolinggo. Berdasarkanhasilobservasidanwawancara yang dilakukan di SMAN 3Probolinggodiketahuibahwahasilbelajarsiswakelas XI IPS 4tergolongrendah. Hal inidapatdiperolehdari data nilaiUlanganHariansiswapadatanggal 11 Desember 2015. Tercatatsiswa yang tidaktuntasdiantaranyasebanyak 20siswanilainyaberadadibawah KKM yaitu 8804 78 sedangkanjumlahkeseluruhanyaitu 23siswa. Peneliti juga telahmelaksanakanobservasisebelumnyapadatanggal 01 Oktober 2015 terdapatsiswa yang tidakaktifdalammengikutipembelajaransejarah. Selainitu peneliti juga melihatsiswa yang tidakkonsentrasisertamengantukketika guru mengajar di kelas. Olehkarenaitu perluadanyaupayaperbaikandalampembelajaransejarah. Permasalahantersebutdapatditanggulangidenganmemperbaikimodel dan media pembelajaran yang digunakan. Hal inisangatdiperlukanuntukmencapaitujuanpembelajaran yang lebihbaik. Permasalahan yang dikajidalampenelitianiniyaitu (1) bagaimana model pembelajarankooperatifGroup Investigationdan media Slide PuzzledalampembelajaransejarahsiswakelasXI IPS 4 di SMA Negeri 3 Probolinggo (2) bagaimanahasilbelajarsiswakelas XI IPS 4 setelahditerapkanmodel pembelajarankooperatifGroup Investigationdan media Slide PuzzledalampembelajaranSejarah. Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswakelas XI IPS 4 SMAN 3 Probolinggomelaluipenggunaanmodel pembelajaranGroup Ivestigatiaonserta media Slide Puzzledalampembelajaransejarah. Subjek yang ditelitiadalahkelas XI IPS 4 SMAN 3 Probolinggo. Proses pengumpulan data dalampenelitianiniyaituobservasi wawancaradantes. Analisis data yang digunakanpenelitiyaitumenggunakan model yang dikemukakanoleh Miles danHubermen denganpengambilan data melaluibeberapatahapdiantaranya data reduction data display dan data conclusion drawing-verification. Pelaksanaanpenelitianinidilakukandengancaraduasiklus tiapsiklusterdiridaridua kali pertemuan. Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwapenggunaanmodel pembelajaranGroup Ivestigatiaonserta media Slide Puzzledalampembelajaransejarahsiswakelas XI IPS 4 SMAN 3 Probolinggomengalamipeningkatanhasilbelajar. Hal iniberartipenggunaanmodel pembelajaranGroup Ivestigatiaonserta media Slide Puzzlebisadigunakandalampembelajaransejarahdenganbaik. Pengukurannilaihasilbelajarsiswadapatdibuktikandengantemuan data hasilbelajarmulaidarisiklus I sampaidengansiklus II. Sebelumdiberikantindakan rata-rata nilaikelasXI IPS 4adalah 62 60dengansiswa yang tuntassebanyak 3 siswa. Peningkatanhasilbelajarpadasiklus I diperoleh rata-rata nilaiulanganhariansiswayaitu65 65dengansiswa yang tuntassebanyak 5 siswa. Kemudianmeningkatlagipadasiklus II diperoleh rata-rata nilai75 60dengansiswa yang tuntassebanyak 13 siswa. Saran dalampenelitianiniadalah (1) bagi guru harapannyadapatmemodifikasimodel pembelajaranGroup Ivestigatiaonserta media Slide Puzzledenganmemadukan model pembelajaranlainnya agar pembelajaranlebihmenyenangkandaninovatif (2) bagisekolahharapannyauntukmemfasilitasi para guru matapelajaranselainsejarahuntukmenggunakan model Group Investigation dan media Slide Puzzle agar pembelajaranlebohmenarik (3) bagipenelitiselanjutnyadiharapkan agar penelitidapatmemodifikasi model pembelajarankooperatifGroup Investigationdan media Slide Puzzle agar lebihmenyenangkandalampembelajaransejarah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54903

Actions (login required)

View Item View Item