Pengembangan media pembelajaran sketchup pada mata pelajaran sejarah materi Kebudayaan Hindhu-Buddha di Inonesia / Rico Anggi Pranata - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran sketchup pada mata pelajaran sejarah materi Kebudayaan Hindhu-Buddha di Inonesia / Rico Anggi Pranata

Pranata, Rico Anggi (2016) Pengembangan media pembelajaran sketchup pada mata pelajaran sejarah materi Kebudayaan Hindhu-Buddha di Inonesia / Rico Anggi Pranata. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pranata Rico Anggi. 2016. Pengembangan Media PembelajaranSketchuppada Mata PelajaranSejarahMateriKebudayaanHindhu-Buddha di IndonesiaSkripsi. JurusanSejarah FakultasIlmuSosial UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Dr. JokoSayono M.Pd. M.Hum (II) Drs. DewaAgungGedeAgung M.Hum Kata kunci media pembelajaran Sketchup pembelajaransejarah Permasalahanumum yang seringterjadi di dalampembelajaransejarahadalahseringdihubungkanyamatapelajaransejarahdengan rasa kebosanansiswa. Berdasarkankondisisiswa di lapangan siswapada masa perkembanganteknologi yang pesatsaatinisebagianbesarketergantunganpadakecanggihanteknologi. Saatpembelajaransedangberlangsungsebagianbesarsiswatidakbisalepasdengangadget mereka.Kondisisebagianbesarsiswa yang ketergantunganterhadapteknologitersebutmerupakankondisi yang sangattepatuntukmenerapkan software sketchupinisebagai media pembelajarankarenasketchupmerupakan software yang mempergunakanPCmaupun Laptop. Dengandemikianjikasiswamembukalaptopnyaketikapembelajaransejarahdalamkelassedangberlangsung merekatidakmembukaaplikasi yang tidakadahubungannyadenganpembelajaransejarahmelainkandiharapkanmerekadapatmempergunakan media pembelajaranSketchup. Model pengembangan media pembelajaransketchupbersifatprosedural. Langkah-langkahpenggunaanmetodepenelitiandanpengembanganinimengacupada model milikSugiyono. Langkahlangkah model penelitiandanpengembanganSugiyonoterdiridaripotensidanmasalah pengumpulan data desainproduk validasidesain revisidesain ujicobaproduk revisiproduk ujicobapemakaian revisiprodukakhir danproduksimasal. HasilpenelitianmenunjukkanbahwaSketchup valid untukdijadikan media pembelajaranpadamatapelajaransejarah. Hasilvalidasiahli media 95% hasilvalidasiahlimateri 96 8% hasilujicobakelompokkecil 92 8% danhasilujicobakelompokbesar 89 4%. Hasildarivalidasitersebutjugatelahmelewatiberbagairevisi yang bertujuanmembuat media yang dikembangkanmenjadilebihbaik. Untukmemanfaatkanpenggunaanprodukperludiperhatikanbeberapahalantara lain seperti spesifikasiperangkat penggunaan LCD danJaringan Internet. Spesifikasiperangkat yang digunakandirekomendasikanmenggunakanperangkat yang VGAnyasudahmemakaiNvidiaatauAMD Radeonagar waktumenggunakansekatchupdapatlebihnyama. Diseminasiataupenyebaranprodukdilakukandengancara copy ataudigandakandalamkepingan CD / DVD. PotensipengembangansketchuptidakhanyaterbataspadamateritentangkebudayaanHindhu-Buddha sajaakantetapidapatjugadikembangkanpadamaterisejarah yang lain misalnyamembahaspeninggalanbangunanBelandaatauJepangdenganmenampilkannyadengantampilan 3 dimensi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54901

Actions (login required)

View Item View Item