Pranata, Rico Anggi (2016) Pengembangan media pembelajaran sketchup pada mata pelajaran sejarah materi Kebudayaan Hindhu-Buddha di Inonesia / Rico Anggi Pranata. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Pranata Rico Anggi. 2016. Pengembangan Media PembelajaranSketchuppada Mata PelajaranSejarahMateriKebudayaanHindhu-Buddha di IndonesiaSkripsi. JurusanSejarah FakultasIlmuSosial UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Dr. JokoSayono M.Pd. M.Hum (II) Drs. DewaAgungGedeAgung M.Hum Kata kunci media pembelajaran Sketchup pembelajaransejarah Permasalahanumum yang seringterjadi di dalampembelajaransejarahadalahseringdihubungkanyamatapelajaransejarahdengan rasa kebosanansiswa. Berdasarkankondisisiswa di lapangan siswapada masa perkembanganteknologi yang pesatsaatinisebagianbesarketergantunganpadakecanggihanteknologi. Saatpembelajaransedangberlangsungsebagianbesarsiswatidakbisalepasdengangadget mereka.Kondisisebagianbesarsiswa yang ketergantunganterhadapteknologitersebutmerupakankondisi yang sangattepatuntukmenerapkan software sketchupinisebagai media pembelajarankarenasketchupmerupakan software yang mempergunakanPCmaupun Laptop. Dengandemikianjikasiswamembukalaptopnyaketikapembelajaransejarahdalamkelassedangberlangsung merekatidakmembukaaplikasi yang tidakadahubungannyadenganpembelajaransejarahmelainkandiharapkanmerekadapatmempergunakan media pembelajaranSketchup. Model pengembangan media pembelajaransketchupbersifatprosedural. Langkah-langkahpenggunaanmetodepenelitiandanpengembanganinimengacupada model milikSugiyono. Langkahlangkah model penelitiandanpengembanganSugiyonoterdiridaripotensidanmasalah pengumpulan data desainproduk validasidesain revisidesain ujicobaproduk revisiproduk ujicobapemakaian revisiprodukakhir danproduksimasal. HasilpenelitianmenunjukkanbahwaSketchup valid untukdijadikan media pembelajaranpadamatapelajaransejarah. Hasilvalidasiahli media 95% hasilvalidasiahlimateri 96 8% hasilujicobakelompokkecil 92 8% danhasilujicobakelompokbesar 89 4%. Hasildarivalidasitersebutjugatelahmelewatiberbagairevisi yang bertujuanmembuat media yang dikembangkanmenjadilebihbaik. Untukmemanfaatkanpenggunaanprodukperludiperhatikanbeberapahalantara lain seperti spesifikasiperangkat penggunaan LCD danJaringan Internet. Spesifikasiperangkat yang digunakandirekomendasikanmenggunakanperangkat yang VGAnyasudahmemakaiNvidiaatauAMD Radeonagar waktumenggunakansekatchupdapatlebihnyama. Diseminasiataupenyebaranprodukdilakukandengancara copy ataudigandakandalamkepingan CD / DVD. PotensipengembangansketchuptidakhanyaterbataspadamateritentangkebudayaanHindhu-Buddha sajaakantetapidapatjugadikembangkanpadamaterisejarah yang lain misalnyamembahaspeninggalanbangunanBelandaatauJepangdenganmenampilkannyadengantampilan 3 dimensi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Oct 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/54901 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |