Pengembangan multimedia pembelajaran sistem pencernaan manusia berbasis mobile pada mata pelajaran IPA kelas VIII SMP / Nur Muhammad Hafidh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran sistem pencernaan manusia berbasis mobile pada mata pelajaran IPA kelas VIII SMP / Nur Muhammad Hafidh

Hafidh, Nur Muhammad (2015) Pengembangan multimedia pembelajaran sistem pencernaan manusia berbasis mobile pada mata pelajaran IPA kelas VIII SMP / Nur Muhammad Hafidh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hafidh Nur Muhammad. 2015. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Berbasis Mobile Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMP. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd (II) Saida Ulfa S.T. M.Edu Ph.D Kata Kunci Pengembangan Multimedia pembelajaranmobile. Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis mobile (mobile learning) adalahpembelajaran yang memanfaatkanteknologidanperangkatmobile.Perangkatmobile yang digunakandalamm-learningantara lain handphone/smartphone laptop dan tablet PC. Dengan media pembelajaran yang dijalankanmelaluiperangkatmobile siswadapatmengakseskontenpembelajaranlangsungdarismartphone masing-masing. Tujuanpengembanganiniadalahmenghasilkansebuahprodukberupa multimedia pembelajaranberbasismobile (m-learning) untuksmartphone Android padamatapelajaran IPA kelas VIII pokokbahasansistempencernaanmanusia di SMP Negeri 2Gandusari KabupatenTrenggalek. Pengembangan multimedia pembelajaranberbasismobile sistempencernaanmanusiabertujuan untukmemberikanvisualisasitentangsistempencernaanmanusiadanjugasebagai media pembelajaranmandiriuntuksiswakelas VIII SMP Negeri 2 Gandusari. Model pengembangan yang digunakandalampenelitianinidiadaptasidarimodelpengembangan multimedia menurut Lee dan Owens (2004). Penelitimenggunakan model pengembangan multimedia pembelajaran Lee dan Owens karenadalam model pengembanganinimemilikialurlengkapmulaidaritahapanalisisdanpenilaian tahapdesain tahappengembangan tahapimplementasi dantahapevaluasi.Dalam model Lee dan Owens (2004) terdapatbeberapatahap yang perludilakukan antara lain 1) Analisis 2) Desain 3) Pengembangan 4) Implementasi dan 5) Evaluasi. Media divalidasiolehseorangahli media seorangahlimateri dansiswa yang terdiriatas 3 siswauntuk uji cobakelompok kecil 12 siswauntuk ujikelompok besar. Hasilanalisis data ahli media diperolehhasil80% hasilanalisis data ahlimateridiperolehhasil93 75% hasilanalisis data respondensiswa (kelompok kecil)diperolehhasil88 75% dan hasil analisis data respondensiswa (kelompok besar)diperolehhasil86 87%. Berdasarkan data di atas secarakeseluruhan multimedia pembelajaranmobile yang dikembangkantelahmemenuhikualifikasi valid untukdijadikan media pembelajaran siswa secara mandiri. Agar hasilproduk program inidapatbermanfaatdalamkegiatanpembelajarandi kelas perlu pengawasan guru selama pelaksanaan pembelajaran menggunakan m-learning. Untukdiseminasiprodukkesasaran yang lebihluas userbisamengupload media keGoogle Play Store. Google Play Storemerupakanlayanankonten digital milik Google di manapenggunasmartphone Android dapatmengunduhberbagaiaplikasisesuai yang diinginkannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/549

Actions (login required)

View Item View Item