Analisis wacana muatan berpikir historis Sam Wineburg dalam buku pegangan siswa Sejarah Indonesia SMA kelas XI kurikulum 2013 / Anggi Brillian Pridya Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis wacana muatan berpikir historis Sam Wineburg dalam buku pegangan siswa Sejarah Indonesia SMA kelas XI kurikulum 2013 / Anggi Brillian Pridya Putri

Putri, Anggi Brillian Pridya (2016) Analisis wacana muatan berpikir historis Sam Wineburg dalam buku pegangan siswa Sejarah Indonesia SMA kelas XI kurikulum 2013 / Anggi Brillian Pridya Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putri Anggi Brillian Pridya. 2016. Analisis Wacana Muatan Berpikir Historis Sam Wineburg dalam Buku Pegangan Siswa Sejarah Indonesia SMA Kelas XI Kurikulum 2013. Progam Studi Pendidikan Sejarah Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. R. Reza Hudiyanto M.Hum (II) Drs. Kasimanuddin Ismain M.Pd. Kata Kunci analisis wacana berpikir historis Sam Wineburg buku teks Analisis wacana berpikir historis Sam Wineburg mengajarkan para generasi muda untuk memetakan masa depan dengan belajar dari peristiwa di masa lalu. Setiap generasi muda harus mengetahui sejarah masa lampau agar dapat melaksanakan kehidupan masa depan yang baik dari kesalahan dan pengalaman sejarah. Peristiwa sejarah hanya terjadi sekali seumur hidup maka tidak terjadi pengulangan peristiwa di masa selanjutnya. Sejarah bukan hanya menghafal tanggal-tanggal peristiwa atau fakta-fakta namun siswa dituntut untuk berpikir kritis dalam menanggapi buku yang menceritakan peristiwa di masa lampau. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis wacana. Subjek penelitian adalah buku Berpikir Historis Sam Wineburg dan buku teks pegangan siswa Sejarah Indonesia kelas XI Kurikulum 2013. Data penelitian ini adalah 15 tema berpikir historis Sam Wineburg yang sudah ditentukan oleh penulis dan dipadukan dengan buku teks sejarah Indonesia kelas XI. Pengumpulan data dilakukan dengan mencari buku membaca memilah mendeskripsi menganalisa dan mendeskripsikan wacana dalam buku teks yang disesuaikan dengan unsur berpikir historis Sam Wineburg. Hasil penelitian secara keseluruhan memperlihatkan bahwa ada tema berpikir historis Sam Wineburg yang paling banyak ditemukan paling sedang ditemukan dan paling sedikit ditemukan dalam buku teks Sejarah Indonesia kelas XI kurikulum 2013. Tema yang paling banyak ditemukan yakni kemampuan untuk menghidupkan kembali masa lalu yang menjadi pokok cerita sebanyak 24 teks. Tema yang paling sedang ditemukan yakni fungsi gambar untuk mengorek persepsi siswa tentang sejarah sebanyak 14 gambar. Sedangkan tema yang paling sedikit ditemukan ada beberapa tema diantaranya yaitu merasa seolah-olah mengalami sendiri peristiwa sejarah sebanyak 1 teks melihat hubungan serta meningkatkan pemahaman tentang orang lain karena sejarah adalah asing sebanyak 1 teks berpikir sejarah tidak mengenal waktu dan ruang sebanyak 1 teks ingatan kolektif (ingatan yang baik) berperan sebagai sebuah penyaring bagi peristiwa sejarah yang semakin lama semakin kabur sebanyak 1 teks mengajarkan kita dalam menentukan pilihan memperhitungkan berbagai pendapat untuk membawakan berbagai kisah sebanyak 1 teks dan memakai sejarah secara matang mengajarkan kita untuk melakukan langkah lebih jauh dari kehidupan yang singkat sebanyak 1 teks. Total teks yang ditemukan yakni 70 teks yang terbagi dalam 15 tema berpikir historis Sam Wineburg.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54899

Actions (login required)

View Item View Item