Pelaksanaan pembelajaran sejarah berdasarkan kurikulum 2013 pada kelas XI kelompok lintas minat di Sekolah Menengah Atas (SMA) Brawijaya Smart School Malang / Baitak Nurul Azizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan pembelajaran sejarah berdasarkan kurikulum 2013 pada kelas XI kelompok lintas minat di Sekolah Menengah Atas (SMA) Brawijaya Smart School Malang / Baitak Nurul Azizah

Azizah, Baitak Nurul (2016) Pelaksanaan pembelajaran sejarah berdasarkan kurikulum 2013 pada kelas XI kelompok lintas minat di Sekolah Menengah Atas (SMA) Brawijaya Smart School Malang / Baitak Nurul Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Azizah Baitak Nurul. 2016. Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Berdasarkan Kurikulum 2013 Pada Kelas XI Kelompok Lintas Minat di Sekolah Menengah Atas (SMA) Brawijaya Smart School Malang. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Kasimanuddin Ismain M.Pd. (II) Dr. Joko Sayono M.Pd. M.Hum. Kata Kunci pembelajaran sejarah Kurikulum 2013 Lintas Minat Kelompok mata pelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 pada tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) terdiri dari Kelompok Wajib Kelompok Peminatan dan Kelompok Lintas Minat. Kelompok Lintas Minat ini merupakan mata pelajaran yang diikuti siswa antarKelompok Peminatan. Sejarah merupakan salah satu mata pelajaran yang dapat dipilih oleh siswa sesuai dengan minatnya pada Kelompok Lintas Minat. Berdasarkan observasi awal diketahui bahwa pembelajaran sejarah pada Kelompok Lintas Minat di SMA Brawijaya Smart School dilakukan di luar kelas dan berdasarkan hasil wawancara kegiatan pembelajaran tidak dapat berlangsung sesuai dengan RPP dikarenakan kondisi siswanya oleh sebab itu perlu dikaji lebih dalam terkait dengan pelaksanaan pembelajaran sejarah pada kelas XI Kelompok Lintas Minat. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pelaksanaan pembelajaran sejarah berdasarkan Kurikulum 2013 pada kelas XI Kelompok Lintas Minat di Sekolah Menengah Atas (SMA) Brawijaya Smart School Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif eksploratif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu waka kurikulum guru sejarah siswa serta dokumen RPP. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi observasi dan wawancara. Hasil penelitian tentang pelaksanaan pembelajaran sejarah berdasarkan Kurikulum 2013 pada kelas XI Kelompok Lintas Minat di SMA Brawijaya Smart School Malang menunjukkan bahwa RPP disusun oleh guru secara sistematis dan jelas tetapi pada kegiatan belajar kurang sesuai dengan kondisi siswa. Proses pelaksanaan pembelajaran dilakukan di luar dan dalam kelas. Kegiatan pembelajaran yang dirancang dalam RPP tidak dapat terlaksana dengan maksimal. Metode media sumber dan kegiatan siswa disesuaikan dengan kondisi siswa. Penilaian yang dilakukan oleh guru selama pembelajaran tidak langsung ditulis dalam rubrik. Penilaian yang sering dilakukan yaitu tes lisan. Berdasarkan hasil temuan penelitian dapat disarankan sebagai berikut bagi kepala sekolah hendaknya melakukan evaluasi terhadap pembelajaran sejarah Kelompok Lintas Minat supaya pembelajaran sesuai dengan Kurikulum 2013 bagi guru sejarah hendaknya menyusun RPP sesuai dengan kondisi siswa dan bagi peneliti lain supaya melakukan penelitian lebih lanjut terkait dengan pembelajaran pada Kelompok Lintas Minat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54897

Actions (login required)

View Item View Item