Implementasi sistem kredit semester pada mata pelajaran sejarah Indonesia kelompok wajib di kelas X SMA Negeri 1 Singosari tahun ajaran 2015/2016 / Nuril Lailatis Sabiqoh - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi sistem kredit semester pada mata pelajaran sejarah Indonesia kelompok wajib di kelas X SMA Negeri 1 Singosari tahun ajaran 2015/2016 / Nuril Lailatis Sabiqoh

Sabiqoh, Nuril Lailatis (2016) Implementasi sistem kredit semester pada mata pelajaran sejarah Indonesia kelompok wajib di kelas X SMA Negeri 1 Singosari tahun ajaran 2015/2016 / Nuril Lailatis Sabiqoh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sabiqoh Nuril Lailatis. 2016. Implementasi Sistem Kredit Semester pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelompok Wajib di Kelas X SMA Negeri 1 Singosari Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Kasimanuddin M.Pd. (II) Najib Jauhari S.Pd M.Hum. Kata Kunci Sistem Kredit Semester Sejarah Indonesia Kelompok Wajib SMA Negeri 1 Singosari. Sistem Kredit Semester (SKS) adalah sistem penyelenggaraan program pendidikan yang peserta didiknya menentukan sendiri beban belajar dan mata pelajaran yang diikuti setiap semester pada satuan pendidikan . Beban belajar setiap mata pelajaran pada SKS dinyatakan dalam satuan kredit semester (sks). Beban belajar satu sks meliputi satu jam pembelajaran tatap muka satu jam penugasan terstruktur dan satu jam kegiatan mandiri tidak terstruktur. Implementasi Sistem Kredit Semester membawa dampak pada pelaksanaan pembelajaran Sejarah Indonesia Kelompok Wajib. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana implementasi Sistem Kredit Semester pada mata pelajaran Sejarah Indonesia Kelompok Wajib pada tahap perencanaan pembelajaran (2) Bagaimana implementasi Sistem Kredit Semester pada mata pelajaran Sejarah Indonesia Kelompok Wajib pada tahap pelaksanaan pembelajaran dan (3) Bagaimana implementasi Sistem Kredit Semester pada mata pelajaran Sejarah Indonesia Kelompok Wajib pada tahap evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian deksriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik (1) wawancara (2) observasi dan (3) dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara dengan informan dan sumber data pendukung berupa dokumentasi. Pengolahan data menggunakan analisis reduksi data sajian data dan verifikasi data. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Implementasi Sistem Kredit Semester memberikan dampak pada tahap perencanaan pembelajaranSejarah Indonesia Kelompok Wajib. Pada tahap perencanaan pembuatan perangkat pembelajaran dengan alokasi waktu yang berbeda yaitu untuk Program Kelas 4 Semester 1 jam pelajaran terdiri dari 30 menit. Perangkat pembelajaran yang dibuat alokasi waktunya menyesuaikan pada pemetaan materi yang dibuat khusus oleh Tim MGMP Internal yaitu guru mata pelajaran Sejarah Indonesia Kelompok Wajib SMA Negeri 1 Singosari (2)Implementasi SKS memberikan dampak pada tahap pelaksanaan pembelajaranSejarah Indonesia Kelompok Wajib. Alokasi waktu kegiatan pembelajaran yaitu 1 jam pelajaran terdiri dari 30 menit. Materi yang diajarkan di Program Kelas 1 5 kali mendahului Program Kelas Reguler (3) Implementasi Sistem Kredit Semester memberikan dampak pada tahap evaluasi pembelajaranSejarah Indonesia Kelompok Wajib. Penilaian pengetahuan melalui tes tertulis berupa Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester penyusunan soal dilakukan oleh Tim Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Internal yaitu guru mata pelajaran Sejarah Indonesia Kelompok Wajib SMA Negeri 1 Singosari. Capaian hasil belajar pada program kelas dengan SKS mencantumkan Indeks Prestasi Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bagi guru Sejarah Indonesia Kelompok Wajib untuk membuat perangkat pembelajaran khusus untuk program kelas dengan SKS lebih maksimal. Karakteristik peserta didik program kelas dengan SKS yang lebih unggul harus ditunjang dengan manajemen pembelajaran yang baik agar dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54892

Actions (login required)

View Item View Item