Muslih, Ngafifudin (2016) Penerapan media dakon sejarah untuk meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran sejarah kelas X MIA 1 SMAN 1 Singosari / Ngafifudin Muslih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Muslih Ngafifudin. 2016. Penerapan Media Dakon Sejarah untuk Meningkatkan Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Sejarah Kelas X MIA 1 SMAN 1 Singosari. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mashuri M.Hum (II) Dra. Yuliati M.Hum Kata Kunci media dakon sejarah peningkatan motivasi belajar Dewasa ini pelajaran sejarah kurang mendapat perhatian yang baik di kalangan siswa. Hal ini terlihat dari rendahnya motivasi belajar siswa ketika mengikuti pelajaran sejarah. Rendahnya motivasi belajar tersebut juga terjadi pada kelas X MIA 1 SMAN 1 Singosari. Berdasarkan data dari observasi pada bulan Agustus hingga 15 September 2015 diperoleh fakta bahwa motivasi belajar siswa kelas X MIA 1 sangatlah rendah. Hal ini terlihat dari kurangnya perhatian siswa terhadap guru ketika materi disampaikan. Berdasarkan permasalahan yang ada maka penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran sejarah dengan menggunakan media Dakon Sejarah pada siswa Kelas X MIA 1 SMAN 1 Singosari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui beberapa metode di antaranya yaitu dengan menggunakan wawancara angket observasi catatan lapangan dan dokumentasi. Data pada penelitain ini digunakan selama proses tindakan berlangsung. Lembar observasi digunakan untuk memperoleh data dari segala kegiatan siswa. Angket digunakan untuk mengetahui seberapa besar tingkat motivasi siswa. Data diperkuat dengan catatan lapangan untuk mengetahui hal-hal yang belum tercantum dengan lembar observasi dan angket. Sumber data pada penelitian ini diperoleh dari Kelas X MIA 1 SMA NEGRI 1 Singosari berjumlah 38 siswa terdiri dari 28 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi siswa dalam pembelajaran sejarah. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada tiap aspek motivasi yang meliputi aspek minat perhatian konsentrasi dan ketekuan. Aspek minat pada siklus 1 memperoleh persentase sebesar 62 9% meningkat pada siklus 2 menjadi 76 4% peningkatan terjadi sebesar 13 5%. Aspek perhatian siklus 1 memperoleh persentase 64 2% meningkat pada siklus 2 menjadi 76 5 peningkatan terjadi sebesar 12 3%. Aspek konsentrasi pada siklus 1 memperoleh persentase sebesar 62 6% meningkat pada siklus 2 menjadi 79 2 peningkatan terjadi sebesar 16.6%. Aspek ketekunan pada siklus 1 memperoleh persentase 63 9% meningkat pada siklus 2 menjadi 75 2% peningkatan terjadi sebesar 11 3%. Berdasarkan perolah persentase tiap aspek pada siklus 1 dan siklus 2 dapat disimpulkan bahwa setelah penggunaan media Dakon Sejarah motivasi belajar siswa semakin meningkat. Peningkatan tersebut terlihat pada meningkatnya tiap aspek motivasi yang menjadi tolak ukur dalam pembelajaran yang meliputi aspek minat perhatian konsentras dan ketekunan. Demikian penilitian ini bisa dikatakan berhasil. Saran yang diberikan dalam penelitian ini yaitu bagi peneliti lain untuk selanjutnya agar lebih mengembangkan penilitian tentang penggunaan media Dakon Sejarah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada ruang lingkup yang lebih besar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Oct 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/54891 |
Actions (login required)
View Item |