Munasharoh, Siti Nur (2016) Penggunan media presentasi powtoon dengan model pembelajaran make a match untuk meningkatkan motivasi belajar sejarah siswa kelas X IIS 3 di SMA Negeri 1 Tumpang Malang / Siti Nur Munasharoh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Munasharoh Siti Nur. 2016. Penggunaan Media Presentasi PowToon dengan Model Pembelajaran Make a Match untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah Kelas X IIS 3 di SMA Negeri 1 Tumpang Malang. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mashuri M.Hum. (II) Aditya Nugroho Widiadi S.Pd. M.Pd. Kata kunci media presentasi PowToon model pembelajaran Make a Match motivasi belajar siswa. Motivasi belajar merupakan faktor penting yang menentukan keberhasilan pembelajaran sejarah. Hanya saja guru seringkali dihadapkan pada kondisi rendahnya motivasi belajar siswa. Seperti yang terjadi pada kelas X IIS 3 di SMA Negeri 1 Tumpang. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan pada tanggal 26 Oktober 2015 motivasi para siswa tersebut rendah. Hal ini dibuktikan dengan ada beberapa siswa kelas X IIS 3 yang bermain handphone berbicara dengan teman sebangkunya dan beberapa siswa ada yang bermain uang koin dengan temannya. Motivasi belajar siswa kelas X IIS 3 yang rendah diduga disebabkan oleh kegiatan pembelajaran sejarah yang tidak dikemas dengan menarik. Guru sejarah kelas X yang bernama Ibu Disi Adelina dalam menjelaskan materi cenderung menggunakan ceramah dan membentuk kelompok. Apabila siswa tidak termotivasi dalam kegiatan pembelajaran di kelas menyebabkan siswa akan mengalami kesulitan untuk memahami bahan materi yang diberikan oleh guru. Agar para siswa tersebut termotivasi guru harus mampu menciptakan kelas yang nyaman dan menyenangkan. Oleh karena itu diperlukan upaya perbaikan dalam kegiatan pembelajaran dengan memperbaiki media dan model pembelajaran. Penggunaan media dan model pembelajaran yang menarik dapat meningkatkan motivasi belajar sejarah siswa kelas X IIS 3. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X IIS 3 di SMA Negeri 1 Tumpang melalui penggunaan media presentasi PowToon dengan model pembelajaran Make a Match. Pendekatan penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas. Model yang digunakan pada penelitian ini yaitu model Kemmis dan Taggart. Subjeknya yaitu siswa-siswa kelas X IIS 3 dengan jumlah 39 siswa. Data-data yang diperlukan yaitu data proses pembelajaran dengan menggunakan model dan media pembelajaran serta data motivasi. Data-data tersebut diperoleh dari lembar pedoman observasi keterlaksanaan tindakan catatan lapangan dan angket motivasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi wawancara dan kuisioner. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini dilakukan secara kuantitatif deskripstif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media PowToon dan model pembelajaran Make a Match berhasil membuat siswa-siswa kelas X IIS 3 memusatkan perhatiannya dan semangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sejarah. Hal tersebut dibuktikan dari masing-masing prinsip motivasi attention (perhatian) meningkat dari 62 15% menjadi 83 91%. Kemudian untuk relevance (keterkaitan) meningkat dari 63 20% menjadi 83 64%. Lalu convidence (percaya diri) meningkat dari 68 85% menjadi 88 65%. Serta satisfaction (kepuasan) meningkat dari 64 15% menjadi 85 45%. Rata-rata hasil motivasi belajar siswa kelas X IIS 3 meningkat dari 64 15 % dengan kategori baik pada siklus 1 menjadi 85 45 % dengan kategori baik sekali. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran sejarah dengan menggunakan media presentasi PowToon dan model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X IIS 3 di SMA Negeri 1 Tumpang. Peneliti menyarankan kepada guru sejarah untuk lebih sering menggunakan media dan model pembelajaran yang menarik agar dapat menciptakan kondisi belajar yang menyenangkan. Kemudian untuk peneliti-peneliti selanjutnya diharapkan meneliti media dan model pembelajaran yang belum diterapkan di sekolah-sekolah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/54887 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |