Penggunaan metode pembelajaran quantum teaching untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar sejarah peminatan peserta didik kelas X IIS 2 SMA Brawijaya Smart School Malang / Zeni Dwi Fianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan metode pembelajaran quantum teaching untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar sejarah peminatan peserta didik kelas X IIS 2 SMA Brawijaya Smart School Malang / Zeni Dwi Fianti

Fianti, Zeni Dwi (2016) Penggunaan metode pembelajaran quantum teaching untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar sejarah peminatan peserta didik kelas X IIS 2 SMA Brawijaya Smart School Malang / Zeni Dwi Fianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fianti Zeni Dwi. 2016. Penggunaan Metode Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Sejarah Peminatan Peserta Didik Kelas X IIS 2 SMA Brawijaya Smart School Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Joko Sayono M.Pd. M.Hum (2) Prof. Dr. Hariyono M.Pd. Kata Kunci Quantum Teaching Keaktifan Hasil Belajar. Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas X IIS 2 SMA Brawijaya Smart School Malang diketahui bahwa guru selalu menggunakan metode pembelajaran yang sama pada setiap pertemuan yaitu metode tanya jawab dan ceramah. Siswa merasa bosan kurang senang dan kurang semangat dengan metode pembelajaran tanya jawab dan ceramah. Kurangnya semangat siswa tersebut berimbas pada rendahnya keaktifan dan hasil belajar siswa. Salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan cara menerapkan metode pembelajaran quantum teaching. Permasalahan yang ada dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode Quantum Teaching dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar sejarah peserta didik. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran quantum taching dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK (penelitian tindakan kelas) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Tahap PTK meliputi perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Penelitian dilakukan selama dua siklus dengan materi peradaban India kuno dan peradaban Cina kuno. Teknik pengumpulan data berupa observasi wawancara dokumentasi dan tes. Keaktifan siswa diukur melalui lembar pengamatan keaktifan siswa dan lembar catatan lapangan. Hasil belajar siswa diukur melalui tes akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan dan hasil belajar sejarah siswa meningkat. Berdasarkan lembar pengamatan keaktifan siswa sebelum tindakan sebesar 53.57% meningkat menjadi 71.43% setelah diberikan tindakan pada siklus I dan meningkat menjadi 89.28% pada siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 89.28% meningkat menjadi 100% pada siklus II dengan perolehan rata-rata 90.54 berdasarkan kualifikasi ketuntasan hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran dengan metode quantum teaching dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Sejarah siswa kelas X IIS 2 SMA Brawijaya Smart School. Saran yang dapat diberikan pada siswa agar lebih bersungguh-sungguh ketika pembelajaran berlangsung terutama pada saat kegiatan diskusi agar kegiatan pembelajaran dapat diselesaikan secara tepat waktu melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan aktif tanpa harus ditunjuk oleh guru agar memperoleh hasil belajar yang baik. Peneliti juga disarankan lebih memperhatikan pengorganisasian waktu ketika pembelajaran berlangsung melaksanakan setiap indikator pelaksanaan pembelajaran dengan maksimal agar keaktifan serta hasil belajar peserta didik dapat diperoleh dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54886

Actions (login required)

View Item View Item