Isniyawati, Novia (2016) Penggunaan model pembelajaran time token untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 2 SMA N 1 Ngraho Bojonegoro tahun pelajaran 2015-2016 / Novia Isniyawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Isniyawati Novia . 2016. Penggunaan Model Pembelajaran Time Tokenuntuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS 2 SMAN 1 Ngraho Bojonegoro. Tahun Pelajaran 2015-2016. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang.NajibJauhari S.Pd. M.Hum. Drs. Mashuri M.Hum. Drs. Marsudi M.Hum. Kata Kunci pembelajaran sejarah model time tokenatau kupon berbicara motivasi belajar SMAN 1 Ngraho. Model pembelajaranmerupakanbentukpembelajaran yang bergambardariawalsampaiakhir yang disajikansecarakhasoleh guru. Guru dalammenyampaikanmateridiperlukan model pembelajaransebagaisaranauntukmenyampaikantujuanpembelajaran yang akandicapai. Penggunaan model pembelajaraninovatif di SMAN 1 Ngrahomasihjarangdigunakan. Berdasarkanobservasi di lapanganyang dilakukanpeneliti di kelas XI IPS 2 padatanggal 26 September 2015 dan20 Januari 2016 penelitimenemukanbahwaselamainimetodepembelajaran yang digunakanmasihberpusatpada guru denganmenggunakanmetodeceramah. Kegiatan pembelajaran lebih didominasi dengan kegiatan ceramah dan mengerjakan LKS. Dari hasil observasi awal peneliti melihat motivasi belajar siswa kelas XI IPS 2 sangat rendah. Hal ini dapat dilihat ketika kegiatan pembelajaran banyak siswa yang tidak memperhatikan pelajaran mengantuk berbicara dengan teman lainnya bahkan ada yang tertidur. Siswa terlihat kurang bersemangat ketika pembelajaran. Siswa kurang antusias dan diam ketika guru memberikan pertanyaan. Siswa kurang tekun ketika mengerjakan tugas hal ini terlihat siswa selalu telat saat mengumpulkan tugas. Permasalahan yang dikajidalampenelitianiniyaitubagaimanameningkatkanmotivasibelajarsiswamelaluipenggunaan model pembelajaranTime Tokenpadamatapelajaransejarahkelas XI IPS 2 SMAN 1 NgrahoBojonegorotahunpelajaran 2015-2016 .Penggunaan model pembelajaran yang tepat serta menarik sangat dibutuhkan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.Penggunaan model pembelajaranTime Tokenataukuponberbicaramerupakansolusiuntukmeningkatkanmotivasibelajarsiswakelas XI IPS 2 SMAN 1 Ngraho. Tujuan dilaksanakannyapenelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Ngraho melalui penggunaan model pembelajaran time token atau kupon berbicara dalam pembelajaran sejarah. Pendekatan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini ialah siswa kelas XI IPS 2. Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan observasi wawancara dan angket. Teknis analisis data yang dipakai menggunakan model Miles Hubermen dimulai dari data reduction data display dan conclusion drawing/verification. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran time token atau kupon berbicara dalam pembelajaran sejarah kelas XI IPS 2 SMAN 1 Ngraho dapat meningkatkan motivas belajar siswa. Peningkatan dapat dilihat dari hasil observasi dari aspek minat perhatian konsentrasi dan ketekunan siswa kelas XI IPS 2 dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Hal ini didukung oleh hasil angket bahwa rata-rata keseluruhan aspek motivasi belajar dari siklus I sebesar 57 9% dan meningkat pada siklus II menjadi 72 7%. Prosentasepeningkatandarisiklus I kesiklus II sebesar 14 8%. Jadi dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa kelas XI IPS 2 dengan menggunakan model pembelajaran time tokenatau kupon berbicara mengalami peningkatan. Saran dalampenelitianiniadalah (1) Kepada Guru sejarah SMAN 1 Ngraho agar selalu menggunakan model pembelajaran yang menarik kreatif dan inovatif agar siswa antusias mengikuti pembelajaran sejarah. (2) Kepada Peneliti agar dapat mengembangkan serta memodifikasi model pembelajaran Time Token atau kupon berbicara menjadi lebih menarik terutama untuk meningkatkan motivasi belajar melalui kemampuan kecakapan berbicara. (3) Kepada siswa dapat menggunakan model pembelajaran Time Token atau kupon berbicara dengan baik sehingga motivasi belajar dapat meningkat terutama kemampuan berbicara dengan bertanya maupun berpendapat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/54885 |
Actions (login required)
View Item |