Lestari, Kartika Tri (2016) Pengembangan graphics story untuk pembelajaran sejarah pada materi kerajaan Majapahit pada masa pemerintahan Hayam Wuruk berdasarkan kurikulum 2013 / Kartika Tri Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Lestari Kartika Tri. 2016. PengembanganGraphics Story UntukPembelajaranSejarahPadaMateriKerajaanMajapahitPadaMasaPemerintahanHayamWurukBerdasarkanKurikulum 2013.Skripsi. JurusanSejarah FakultasIlmuSosial UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Drs. KasimanuddinIsmain M.Pd. (II) Dra. Yuliati M.Hum. Kata kunci media pembelajaran graphics story pembelajaransejarah Kegiatanpembelajarandenganpenggunaanmetode yang monotondantidakmenggunakan media dapatmenimbulkanmasalahbarubagihasilbelajarsiswa. Berkurangnyasemangatsiswadalambelajarmerupakanakibatdari rasa bosanterhadappelajaran yang disampaikan. Siswajugamenjadikurangmaksimaldalammemahamidanmendalamimateri yang dijelaskan.Kurangnya media yang mendukungmateriKerajaanMajapahitmembuatbanyaksiswakesulitanuntukmenerimamateridenganbaik. Pelaksanaanpembelajaransejarah di kelas X-11 (Agama) MAN Kota Batudiketahuibahwabelumadanyapemanfaatan media pembelajaran. Salah satuupayamengatasimasalahtersebutadalahmengembangkan media pembelajaranpadamateriKerajaanMajapahit. Tujuanpenelitianiniadalahmenghasilkanproduk yang berbasis media graphics storydenganmenggunakanSoftware 2 dimensiMacromedia Flash Professional 8.0. Penelitimemfokuskandalampembuatanprodukgraphics storyuntukmemecahkanmasalah yang dihadapioleh para guru dansiswadalampembelajaransejarah. Permasalahan yang hendakdibantumelalui media iniadalahkesulitansiswadalammemahamikronologi nama-nama raja dantahundalammateriKerajaanMajapahit. Produk yang dihasilkandiharapkanmembuatpelaksanaanpembelajaran yang semulamembosankanmenjadilebihbaikdanmenarikbagisiswa sehinggamemunculkansemangatbelajarsiswauntukmemahamimaterisejarahperkembanganKerajaanMajapahit. Penelitianpengembanganinimengacupada model Sugiyono. Terdapatsepuluhtahapandalam model pengembanganiniyaitupotensidanmasalah pengumpulan data desainproduk validasidesain ujicobapemakaian revisiproduk ujicobaproduk revisidesain revisiprodukakhir produkmassal. Hasilpenelitianmenunjukkantingkatkelayakan media pembelajaran. Hal tersebutdapatdilihatdarihasilvalidasiahliterhadap media yang dikembangkan. Ahlimaterimemberikannilaisebesar 88 % (sangatlayak) danahli media memberikannilaisebesar 89 % (sangatlayak). Berdasarkanhasilpre-testdanpost-testdapatdisimpulkanbahwapadaujipost-test inisiswamengalamiperubahanpadanilai yang signifikan. Nilaipost-test para siswalebihtinggidaripadanilaipre-test. Hal inidapatdibuktikandarihasil rata-rata nilaipost-testyang lebihtinggidaripada pre-test. Nilai rata-rata pre-test adalah56.23sedangkannilai rata-rata post-test adalah77.21.Hasilpre-testmenunjukkanbahwatidakadasatupunsiswa yang mendapatkannilaidiatasKriteriaketuntasan minimal (KKM)yaitu 77 sedangkanhasilpost-test menunjukkanbahwa 9 siswa yang mendapatkannilaidibawah KKM. Saran penelititerkaitpenelitianini ialah (1) guru harusmempelajaraipetunjukpemanfaatan media pembelajarangraphics storydanmempersiapkanmateri yang ada di dalam media ini (2) bagisekolah data dijadikanbahanpertimbangansebagaialternative media yang digunakanuntukmenunjangtercapainyatujuanpembelajarandanmemberikanvariasiuntuk proses kegiatanbelajarmengajar (3) bagisiswasebaiknyamembacadanmempelajaridenganbaikpetunjukpemanfaatansebelummengunakan media. Siswajugadisarakanuntukmempelajaraidenganbaikdanbertanyakembalikepadaguru ketikamenemukankesulitanmateriKerajaanMajapahitsupayalebihmemahamitentangisimateridan media.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/54884 |
Actions (login required)
View Item |