Pengaruh penggunaan media sejarah Islam Indonesia berbasis aplikasi android terhadap minat belajar siswa kelas X Ilmu-Ilmu Sosial (IIS) pada matapelajaran sejarah SMA Negeri 3 Jombang / Bunga Pahlawanita Fatmasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media sejarah Islam Indonesia berbasis aplikasi android terhadap minat belajar siswa kelas X Ilmu-Ilmu Sosial (IIS) pada matapelajaran sejarah SMA Negeri 3 Jombang / Bunga Pahlawanita Fatmasari

Fatmasari, Bunga Pahlawanita (2016) Pengaruh penggunaan media sejarah Islam Indonesia berbasis aplikasi android terhadap minat belajar siswa kelas X Ilmu-Ilmu Sosial (IIS) pada matapelajaran sejarah SMA Negeri 3 Jombang / Bunga Pahlawanita Fatmasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fatmasari BungaPahlawanita. 2016. PengaruhPenggunaan Media Sejarah Islam Indonesia BerbasisAplikasi Android TerhadapMinatBelajarSiswaKelas X Ilmu-IlmuSosial (IIS) Mata PelajaranSejarah SMA Negeri 3 Jombang JurusanSejarah FakultasIlmuSosial UniversitasNegeri Malang.Pembimbing (I) Drs. I WayanLegawa M.Si (II) Dr. R. Reza Hudiyanto M. Hum. Kata Kunci mediapembelajaran Sejarah Islam Indonesia android minatbelajar Permasalahan yang dikajidalampenelitianiniadalahpengaruh media Sejarah Islam Indonesia berbasisaplikasiandroidterhadapminatbelajarsejarahsiswakelas X Ilmu-IlmuSosial (IIS) SMANegeri 3 Jombang. Berdasarkanpermasalahan yang dikajiadapunrumusanmasalahdalampenelitianiniadalahsebagaiberikut (1) bagaimanaminatbelajarsiswakelas X Ilmu-IlmuSosial (IIS) SMA Negeri 3 Jombangtanpamenggunakan media Sejarah Islam Indonesia berbasisaplikasiandroid (2) bagaimanaminatbelajarsiswakelas X Ilmu-IlmuSosial (IIS) SMA Negeri 3 Jombangdenganmenggunakan media Sejarah Islam Indonesia berbasisaplikasiandroid (3) bagaimanapengaruh media Sejarah Islam Indonesia berbasisaplikasiandroidterhadapminatbelajarsejarahsiswakelas X Ilmu-IlmuSosial (IIS) SMA Negeri 3 Jombang PenelitianinimerupakanpenelitianeksperimendenganmenggunakanpendekatankuantitatifdenganbentukQuasy Experimental Design.JenisQuasy Experimental Design yang digunakandalampenelitianiniadalahNonequivalent Control Group Design.Teknikpengambilansampel yang digunakanadalahnonprobabilitysampling dantipe yang digunakanpurposive sampling.Sampeldalampenelitianiniadalahkelas X IIS 3 sebagaikelaseksperimendankelas X IIS 2sebagaikelaskontrol. Berdasarkanhasilanalisis data penelitiandapatdisimpulkansebagaiberikut (1) minatbelajarsiswatanpamenggunakan media Sejarah Islam Indonesia berbasisaplikasiandroidmemilikinilai rata-rata minatbelajarsiswasebelumperlakuan 56 06 sedangkannilai rata-rata minatbelajarsetelahperlakuan 63 77 (2) minatbelajarsiswadenganmenggunakan media Sejarah Islam Indonesia berbasisaplikasiandroidmemilikinilai rata-rata minatbelajarsiswasebelumperlakuan 56 sedangkannilai rata-rata minatbelajarsetelahperlakuan 78 9 (3) perbedaanminatbelajarsiswa yang signifikanantarakelaseksperimendankelaskontrolsetelahdiberikanperlakuan media Sejarah Islam Indonesia berbasisaplikasiandroid.Hal tersebutdibuktikandenganhasilujithitunglebihbesarttabelyaitusebesar8 366 1 998.Ujistatistikgainscoredidapatkan rata-rata gainscoresiswakelaseksperimenadalah22 90dan rata-rata gainscorekelaskontroladalah 7 70. Makahipotesis H0 ditolakdan H1diterimakarenaadapengaruh media Sejarah Islam Indonesia berbasisaplikasiandroid terhadapminatbelajarsiswa. Saran dalampenelitianiniadalah(1) bagi guru dapatmenggunakan media Sejarah Islam Indonesia berbasisaplikasiandroid dalam proses pembelajaransejarahuntukmenarikminatbelajarsiswa (2) bagisiswa dapatmencapaikeberhasilandalambelajar (3) bagipeneliti lain hendaknyamenggunakanmedia pembelajaranberbasisaplikasiandroidlainnya yang lebihbaikdalam proses pembelajaransejarahterutamaterhadapminatbelajarsiswadenganmenggunakan media Sejarah Islam Indonesia berbasisaplikasiandroid.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54883

Actions (login required)

View Item View Item