Penggunaan media interaktif berbasis adobe flash matapelajaran sejarah Indonesia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IIS 4 SMA Negeri 1 Kepanjen Malang / Alfian Weldan Arnanda - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media interaktif berbasis adobe flash matapelajaran sejarah Indonesia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IIS 4 SMA Negeri 1 Kepanjen Malang / Alfian Weldan Arnanda

Arnanda, Alfian Weldan (2016) Penggunaan media interaktif berbasis adobe flash matapelajaran sejarah Indonesia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IIS 4 SMA Negeri 1 Kepanjen Malang / Alfian Weldan Arnanda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arnanda. Alfian Weldan. 2016. Penggunaan Media Interaktif Berbasis Adobe Flash Matapelajaran Sejarah Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X IIS 4 SMA Negeri 1 Kepanjen Malang. Skripsi Jurusan Sejarah. Fakultas Ilmu Sosial. Unversitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Najib Jauhari. S.Pd.. M.Hum. (2) Dr. Ari Sapto. M.Hum. Kata Kunci pembelajaran sejarah Adobe Flash hasil belajar SMA Negeri 1 Kepanjen Pembelajaran di kelas pada matapelajaran sejarah dirasa membosankan oleh siswa. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di kelas X IIS 4 SMA Negeri 1 Kepanjen Malang proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru sejarah menggunakan media papan tulis dan lembar kerja siswa. Peneliti menyimpulkan berdasarkan observasi hasil ulangan harian yang telah dilakukan mendapatkan hasil belajar di kelas X IIS 4 rendah hal ini disebabkan kurangnya penggunaan media yang kreatif dan inovatif. Tidak digunakannya media belajar yang kreatif dan inovatif mengakibatkan siswa cenderung bermain dan mengobrol dengan teman serta hasil belajar rendah. Peneliti mencari jawaban atas masalah (1) Bagaimana penggunaan media interaktif berbasis Adobe Flash sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam matapelajaran sejarah kelas X IIS 4 di SMA Negeri 1 Kepanjen Malang. (2) Bagaimana hasil belajar siswa X IIS 4 SMA Negeri 1 Kepanjen Malang setelah penggunaan media interaktif berbasis Adobe Flash. Prosedur penelitian menggunakan langkah Kemmis dan Teggart yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Proses pembelajaran menggunakan media interaktif berbasis Adobe Flash. Prasarana yang digunakan adalah LCD Leptop dan speaker aktif. Pengumpulan data dengan observasi catatan lapangan wawancara dan tes untuk mendapatkan data di kelas. Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus tindakan. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan setiap siklus mendapat alokasi waktu selama 4x45 menit dengan materi persebaran Islam Kesultanan Pontianak dan Kesultanan Banjarmasin dan Sulawesi Islam Kesultanan Gowa-Tallo dan Kesultanan Wajo pada siklus I. Siklus II dengan materi Persebaran Islam Kesultanan Ternate dan Kesultanan Tidore dan Islam di Papua. Subyek penelitian adalah siswa kelas X IIS 4 SMA Negeri 1 Kepanjen Malang jumlah 35 siswa. Hasil penelitian menunjukan (1) penggunaan media interaktif berbasis Adobe Flash meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IIS 4 SMA Negeri 1 Kepanjen Malang. (2) berdasarkan analisis hasil belajar kelas X IIS 4 menunjukan peningkatan dari pra tindakan sebesar 22.86% di siklus I meningkat menjadi 68.57% dan di siklus II meningkat menjadi 80%. Dapat disimpulkan bahwa media interaktif berbasis Adobe Flash meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IIS 4 SMA N 1 Kepanjen Malang. Peningkatan ini ditunjukan dengan presentase hasli belajar pada awal observasi sebesar 22.86%. Siklus I meningkat menjadi 68.57% pada siklus II 80%. Disarankan guru dapat menyesuaikan media pembelajaran dengan perkembangan teknologi yang lebih kreatif dan inovatif untuk meningkatkan hasil belajar sejarah pada siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54882

Actions (login required)

View Item View Item