Penerapan media film untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X SMK Islam Donomulyo Kabupaten Malang / Rizki Ayu Wilujeng - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan media film untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X SMK Islam Donomulyo Kabupaten Malang / Rizki Ayu Wilujeng

Wilujeng, Rizki Ayu (2016) Penerapan media film untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X SMK Islam Donomulyo Kabupaten Malang / Rizki Ayu Wilujeng. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wilujeng Rizki Ayu. 2015. Penerapan Media Film Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X SMK Islam Donomulyo Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Kasimanuddin Ismain M.Pd. (2) Dr. Joko Sayono M.Pd M.Hum. Kata kunci Media film minat belajar mata pelajaran sejarah. Proses pembelajaran yang tidak inovatif akan membuat siswa kurang aktif dalam kelas siswa beranggapan bahwa materi pelajaran sejarah merupakan materi yang cukup dihafalkan sehingga membuat siswa bosan dan kurang tertarik dengan pelajaran sejarah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang muncul di kelas X SMK Islam Donomulyo yaitu kurang berminatnya siswa terhadap pelajaran sejarah. Siswa tidak tertarik untuk mengikuti pelajaran sejarah di dalam kelas karena anggapan siswa bahwa sejarah hanya menghafal sehingga menjadi membosankan untuk mengikuti pelajaran ini. Hasil pengamatan dilapangan ada 10 siswa dari 22 siswa dalam kelas tidak begitu menyukai pelajaran ini. Untuk itu perlu adanya usaha yang dilakukan guru agar materi yang disampaikan dalam proses pembelajaran menarik menyenangkan mudah diterima dan dipahami dengan menggunakan semaksimal mungkin indera yang dimiliki siswa. Solusi yang diberikan adalah dengan menggunakan media film. Penggunaan media film ini merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk membantu meningkatkan minat siswa terhadap pelajaran sejarah. Siswa akan memperoleh pengalaman empiris mengasah imajinasi meningkatkan psikomotor dan memiliki solidaritas di lingkungan sosial. Penelitian ini mengangkat permasalahan mengenai bagaimana penggunaan media film di kelas X Pemasaran 1 SMK Islam Donomulyo serta apakah penggunaan media film dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas X Pemasaran 1 SMK Islam Donomulyo. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan tindakan observasi dan refleksi dengan pendekatan kualitatif. Subyeknya adalah siswa kelas X Pemasaran 1 dengan 22 siswa. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara observasi wawancara angket dan dokumentasi. Analisis data kualitatif dilakukan melalui tahap reduksi data penyajian data dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa lebih tertarik dan berminat untuk mengikuti pembelajaran sejarah dengan menggunakan media film. Minat siswa untuk mengikuti pembelajaran sejarah di dalam kelas meningkat hal ini dapat dibuktikan dari hasil nilai rata-rata siswa sebelum tindakan yaitu 58. Kemudian pada tindakan siklus I terjadi peningkatan sebesar 13 poin yaitu dari nilai rata-rata kelas awal 58 meningkat menjadi 71 dan meningkat lagi dari 71 menjadi 85 5 pada siklus II. Berdasarkan hasil dari penelitian ini disarankan agar guru dapat menggunakan media film sebagai salah satu sarana penyampaian isi materi pelajaran yang menarik untuk meningkatkan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54881

Actions (login required)

View Item View Item