Pengembangan media pembelajaran peta "Jejak Peninggalan Islam di Madiun" pada materi kelas X mata pelajaran sejarah Indonesia berbasis sejarah lokal / Khoirul Mustakim - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran peta "Jejak Peninggalan Islam di Madiun" pada materi kelas X mata pelajaran sejarah Indonesia berbasis sejarah lokal / Khoirul Mustakim

Mustakim, Khoirul (2016) Pengembangan media pembelajaran peta "Jejak Peninggalan Islam di Madiun" pada materi kelas X mata pelajaran sejarah Indonesia berbasis sejarah lokal / Khoirul Mustakim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mustakim Khoirul. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Peta JejakPeninggalan Islam di Madiun Pada Materi Kelas X Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Berbasis Sejarah Lokal. Skripsi Jurusan Sejarah Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Deny Yudo Wahyudi S.Pd. M.Hum (2) Najib Jauhari S.Pd. M.Hum. Kata kunci media peta sejarah lokal. Pelajaran sejarah dalam kurikulum 2013 (K-13) termasuk dalam kelompok mata pelajaran wajib (A) dalam penerapan K-13 peserta didik sangat dituntut untuk aktif menggali pengetahuan yang tidak hanya berasal dari pendidik agar pembelajaran sejarah dapat berhasil dengan baik. Masalah yang didapati dalam pembelajaran sejarah adalah kurangnya penggunaan media pembelajaran yang baru dan menarik pendidik terlalu bergantung pada pemanfaatan media LKS (lembar kerja siswa) dalam kegiatan pembelajaran. Pembelajaran sejarah hendaknya perludibuat menarik supaya peserta didik kembali memiliki daya tarik yang tinggi terhadap pembelajaran sejarah. Pendidik perlu memanfaatkan media pembelajaran yang tersedia dan belum banyak digunakan dalam proses pembelajaran sejarah salah satunya adalah dengan menggunakan media peta. Penggunaan media peta dalam pembelajaran sejarah menjadi sangat penting dikarenakan pelajaran sejarah tidak dapat lepas dari unsur ruang. Pemanfaatan media peta dalam sebuah pembelajaran sejarah dapat dijadikan solusi untuk menguatkan pengetahuan peserta didik terhadap tempat terjadinya suatu peristiwa sejarah khususnya peristiwa sejarah yang ada di sekitar peserta didik. Masalah selanjutnya adalah materi pokok mata pelajaran sejarah Indonesia kelas Xpada KD 3.8 yakni materi tentang bukti-bukti kehidupan pengaruh Islam yang masih ada pada saat ini belum seutuhnya dapat tersampaikan. Hal ini dikarenakan ketergantungan pendidik pada penggunaan LKS sebagai media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran sejarah kurang efektif karena materi yang disajikan dalam LKS masih kurang salah satunya adalah materiterkaitsejarah lokal yang membahas tentang bukti-bukti peninggalan sejarah di daerah sekitar peserta didik tidak terdapat pada media LKS selain daripada itu pendidik kurang menyisipkan materi tentang sejarah lokal dalam kegiatan pembelajaran sejarah yang mengakibatkan kurangnya pemahaman peserta didik terkait peristiwa sejarah yang terjadi di sekitar peserta didik. Berdasarkan masalah yang telah diuraikan maka perlu adanya penelitian dan pengembangan media pembelajaran sejarah berupa peta yang berbasis pada sejarah lokal. Penelitian dan pengembangan media pembelajaran peta bertujuan untuk menghasilkan bentuk pengembangan media pembelajaran peta jejak peninggalan Islam di Madiun yang baik dan menarik bagi proses pembelajaran peserta didik kelas X yang berbasis sejarah lokal. Tujuan selanjutnya adalah mengetahui efektifitas penerapan media pembelajaran peta jejak peninggalan Islam di Madiun bagi proses pembelajaran peserta didik kelas X yang berbasis sejarah lokal. Metode penelitian yang digunakanmengadaptasi metode penelitian dan pengembangan dengan menggunakan sembilandari sepuluh tahapan metode penelitian dan pengembanganyang dikemukakan oleh Sugiyono yakni (1) Potensi dan masalah (2) Mengumpulkan data (3) Desain produk (4) Validasi desain (5) Perbaikan desain (6) Uji coba produk (7) Revisi produk (8) Uji coba pemakaian (9) Revisi produk. Instrumen pengumpul data yang digunakan berupa instrumen angket untuk validasi ahli dan kelompok kecil serta menggunakan instrumen tes yang berupa pretest-postest untuk uji coba kelompok besar. Hasil validasi ahli media mendapatkan skor perolehan dengan presentase rata-rata sebesar 68% hal ini mengindikasikan bahwa media pembelajaran masih perlu dilakukan revisi sebelum dilakukan uji coba. Validasi ahli materi dosen dan pendidik yang dilakukan masing-masing mendapatkan hasil presentase rata-rata sebesar 92 5% dan 85% hasil yang didapatkan dalam validasi ahli materi dapat diketahui bahwa media pembelajaran yang dikembangkan secara materi sangat valid dan sangat layak digunakan.Hasil pada uji coba lapangan yang telah dilakukan di kelas X MIA 2 MAN Rejosari menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran peta Jejak Peninggalan Islam di Madiun efektif dalam menguatkan pemahamanpeserta didik terhadap salah satu materi pokokkelas X pada KD 3.8 dengan berbasis sejarah lokal. Hal ini ditunjukkan dengan adanya gain score pada nilai peserta didik dalam pretest-postest sebesar 30 poin. Hasil uji signifikansi (uji-t) dari hasil pretest-postest peserta didik diketahui bahwa penggunaan media pembelajaran peta Jejak Peninggalan Islam di Madiun signifikan dalam menguatkan pemahaman peserta didik terhadap salah satu materi pokok kelas X pada KD 3.8 pada taraf signifikansi 5% dan 1%. Kesimpulan yang didapatkan dari uji coba yang telah dilakukan menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan telah teruji efektif dalam menguatkan pemahaman sejarah lokal peserta didik khususnya pada salah satu materi pokok kelas X dalam KD 3.8 sehingga media pembelajaran dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran sejarah selanjutnya. Penulis menyarankan bahwa perlu dilakukan penelitian pengembangan kembali pada media pembelajaran peta untuk materi sejarah yang lain. Penelitian selanjutnya diharapkan menggunakan peta yang lebih akurat secara ilmu kartografi dan mampu memenuhi kriteria sebagai peta historis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54880

Actions (login required)

View Item View Item