Hasanah, Saidah Nuraini (2016) Persepsi siswa terhadap mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam dan sejarah: studi kasus siswa kelas XI di MA Darut Taqwa Sengonagung Purwosari Pasuruan tahun 2015/2016 / Saidah Nuraini Hasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Hasanah Saidah Nuraini. 2016. Persepsi Siswa Terhadap Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan Sejarah Studi Kasus Siswa Kelas XI di MA Darut Taqwa Sengonagung Purwosari Pasuruan Tahun Ajaran 2015-2016. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Najib Jauhari S.Pd. M.Hum. (II) Aditya Nugroho Widiadi S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Persepsi Sejarah Kebudayaan Islam Sejarah. Madrasah Aliyah Darut Taqwa merupakan lembaga pendidikan formal yang berada di Sengonangung Purwosari Pasuruan. Di Madrasah Aliyah Darut Taqwa terdapat dua jenis mata pelajaran sejarah yaitu Sejarah Kebudayaan Islam dan Sejarah. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan oleh peneliti ditemukan perilaku belajar siswa yang berbeda pada saat pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan Sejarah. Siswa lebih antusias mengikuti pembelajaran Sejarah dari pada Sejarah Kebudayaan Islam. Oleh karena itu itu peneliti tertarik untuk mengkaji lebih dalam mengenai persepsi siswa terhadap mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan Sejarah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana persepsi siswa kelas XI tentang mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Darut Taqwa Sengonangung Purwosari Pasuruan tahun ajaran 2015/2016 (2) Bagaimana persepsi siswa kelas XI tentang mata pelajaran Sejarah di Madrasah Aliyah Darut Taqwa Sengonagung Purwosari Pasuruan tahun ajaran 2015/2016 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik (1) observasi (2) wawancara dan (3) dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah sumber data utama yang diperoleh dari hasil wawancara dengan siswa sumber data lainnya adalah guru SKI dan Sejarah. Pengolahan datanya menggunakan analisis reduksi data penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) persepsi siswa kelas XI tentang mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam sangat beragam. Sebagian besar siswa menganggap bahwa mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam itu memberikan manfaat dan penting untuk dipelajari. Akan tetapi proses pembelajarannya masih belum optimal sehingga siswa sulit untuk memahami (2) persepsi siswa tentang mata pelajaran Sejarah sangat beragam. Sebagian siswa menganggap bahwa isi materi dari mata pelajaran Sejarah itu sulit dipahami akan tetapi karena proses pembelajarannya yang menyenangkan dan menarik membuat siswa tertarik untuk mempelajari Sejarah. Berdasarkan temuan hasil penelitian dapat disarankan beberapa hal yaitu (1) pihak guru Sejarah Kebudayaan Islam dan Sejarah di MA Darut Taqwa Sengonagung Purwosari Pasuruan disarankan dalam proses pembelajaran lebih menguasai metode maupun strategi pembelajaran sehingga siswa lebih mudah dalam memahami materi yang disampaikan (2) pihak guru Sejarah Kebudayaaan Islam dan Sejarah juga diharapkan mampu melayani siswa dengan baik sehingga tujuan pembelajaran berjalan sesuai yang diharapkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/54877 |
Actions (login required)
View Item |