Pelaksanaan sistem penilaian autentik berdasarkan kurikulum 2013 untuk mata pelajaran sejarah di SMA Negeri I Sumberpucung tahun ajaran 2015-2016 / Siti Ulfatu Ni'mah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan sistem penilaian autentik berdasarkan kurikulum 2013 untuk mata pelajaran sejarah di SMA Negeri I Sumberpucung tahun ajaran 2015-2016 / Siti Ulfatu Ni'mah

Ni'mah, Siti Ulfatu (2016) Pelaksanaan sistem penilaian autentik berdasarkan kurikulum 2013 untuk mata pelajaran sejarah di SMA Negeri I Sumberpucung tahun ajaran 2015-2016 / Siti Ulfatu Ni'mah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ni mah Siti Ulfatu. 2016. Pelaksanaan Sistem Penilaian Autentik Berdasarkan Kurikulum 2013 untuk Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri I Sumberpucung Tahun Ajaran 2015-2016. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Wayan Legawa M.SI. (II) Najib Jauhari S.Pd. M.Hum. Kata kunci Penilaian autentik berdasarkan Kurikulum 2013 pembelajaran sejarah SMAN I Sumberpucung. Kurikulum 2013 menuntut kesiapan guru dalam melakukan penilaian hasil belajar siswa sesuai dengan standar penilaian pendidikan yang terbaru. Penilaian autentik berdasarkan Kurikulum 2013 didasarkan pada aspek penilaian sikap pengetahuan dan keterampilan yang dirumuskan dalam bentuk kemampuan dasar yang dapat dipelajari dan dikuasai setiap peserta didik. Standar penilaian pendidikan berdasarkan Kurikulum 2013 masih dirasa sulit untuk dilakukan oleh para dewan guru di SMA Negeri 1 Sumberpucung khususnya guru yang mengampu mata pelajaran sejarah. Permasalahan penilaian yang dihadapi guru sejarah SMAN I Sumberpucung yaitu pada pelaksanaan penilaian autentik berdasarkan Kurikulum 2013 kendala yang dialami guru sejarah SMAN I Sumberpucung dalam melaksanakan penilaian autentik pada mata pelajaran sejarah berdasarkan Kurikulum 2013 dan upaya yang dilakukan oleh guru sejarah SMA Negeri I Sumberpucung dalam mengatasi kendala pelaksanaan penilaian autentik pada mata pelajaran sejarah berdasarkan Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian interaktif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Model interaktif yang digunakan yaitu reduction display dan conclutions. Penelitian ini dilakukan di SMAN I Sumberpucung. Subjek penelitian ini adalah guru sejarah SMAN I Sumberpucung yang telah menerapkan Kurikulum 2013. Data dikumpulkan melalui observasi wawancara pengamatan proses pembelajaran di kelas studi dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis kualitatif untuk mengetahuai pelaksanaan penilaian autentik kendala dalam melaksanakan penilaian autentik dan upaya yang dilakukan dalam melaksanakan penilaian autentik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua guru sejarah SMAN I Sumberpucung telah mekasanakan penilaian autentik dalam pelajaran sejarah sesuai dengan tuntutan dalam Kurikulum 2013. Hal tersebut ditunjukkan melalui data kualitatif yang berupa fakta fakta dilapangan. Pelaksanaan penilaian autentik telah dilaksanakan dengan cukup baik. Namun para guru masih mengalami beberapa kendala di dalam pelaksanaan penilaian. Secara umum kendala yang dialami oleh para guru terdapat pada penentuan tugas penilaian penyusunan RPP dan penilaian proses didalam kelas. Meskipun demikian para guru telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi kendala kendala yang ada. Para guru semakin berusaha untuk meningkatkan penerapan penilaian autentik sesuai Kurikulum 2013 dengan lebih baik. Mengenai hal hal yang dapat disarankan bagi para guru sejarah agar penelitian ini dapat dijadikan bahan evaluasi untuk meningkatkan serta perbaikan kualitas pelaksanaan penilaian autentik berdasarkan Kurikulum 2013 di SMAN I Sumberpucung. Bagi peneliti lain hendaknya dapat digunakan sebagai acuan untuk dapat ditindaklanjuti dengan penelitian lanjutan berkenaan dengan pelaksanaan penilaian autentik untuk sekolah yang menggunakan acuan Kurikulum 2013 untuk menghasilkan penelitian yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54876

Actions (login required)

View Item View Item