Implementasi penilaian hasil belajar berdasarkan kurikulum 2013 dalam pembelajaran sejarah di SMAN 02 Malang / Dwi Selly Nurianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi penilaian hasil belajar berdasarkan kurikulum 2013 dalam pembelajaran sejarah di SMAN 02 Malang / Dwi Selly Nurianti

Nurianti, Dwi Selly (2016) Implementasi penilaian hasil belajar berdasarkan kurikulum 2013 dalam pembelajaran sejarah di SMAN 02 Malang / Dwi Selly Nurianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurianti DwiSelly. 2016. ImplementasiPenilaianHasilBelajarberdasarkanKurikulum 2013 DalamPembelajaranSejarah Di SMAN 02 Malang. Skripsi JurusanSejarah FakultasIlmuSosial UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I WayanLegawa M.Si (II) Drs. Marsudi M.Hum. Kata Kunci PenilaianHasilBelajar Kurikulum 2013 PenilaianAutentik Kurikulum2013 merupakankebijakanbaruuntukmeningkatkanmutupendidikan di Indonesia sebagaipenggantiKurikulum Tingkat SatuanPendidikan. Sejaktahun 2013 pemerintahmenetapkanKurikulum 2013 untukditerapkandiseluruhsekolah di Indonesia.PerombakandariKurikulum Tingkat SatuanPendidikankeKurikulum 2013 cukupsignifikandalamhaltatarankonsepkurikulum buku pembelajarandanpenilaian.Komponen-komponenKurikulum 2013 sepertipenilaian yang implementasinyabelumdilaksanakansecara optimal sesuaidenganstandarpenilaianKurikulum 2013. Guru sebagaitenagapendidikharusmampumelaksanakantugasnyadenganbaik apalagi yang berkaitandenganpenilaianhasilbelajar yang sesuaidenganstandarpenilaianKurikulum 2013. Namundalamkenyataanya seringkalipenilaianhasilbelajar yang sesuaidenganstandarmasihdiabaikan.Fenomenainijugaterjadi di SMAN 2 Malang.Hal tersebut yang menarikminatpenelitiuntukmengkajiimplementasipenilaianhasilbelajarberdasarkanKurikulum 2013 dalampembelajaransejarah di SMAN 2 Malang. Permasalahan yang dikajidalampenelitianiniyaitu (1) BagaimanarencanapelaksanaanpenilaianhasilbelajarberdasarkanKurikulum 2013 pembelajaransejarah di SMAN 2 Malang (2) BagaimanapelaksanaanpenilaianhasilbelajarberdasarkanKurikulum 2013 pembelajaransejarah di SMAN 2 Malang. PenelitaninidilaksanakandengantujuanuntukmendeskripsikanrencanapelaksanaanpenilaianhasilbelajarberdasarkanKurikulum 2013 di SMAN 2 Malang danpelaksanaanpenilaianhasilbelajarberdasarkanKurikulum 2013 pembelajaransejarah di SMAN 2 Malang. Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitiandeskriptif.Informanadalah guru sejarah SMAN 2 Malang. Teknikpengumpulan data yang digunakanadalahwawancara observasidanstudidokumen. Data yang diperolehdianalisisdenganmenggunakananalisis model interaksi Miles danHubermandengantahapan (1) pengumpulan data (2) reduksidanpenyajian data (3) penarikankesimpulan. Berdasarkanhasilpenelitiandiperolehduakesimpulansebagaiberikut (1) PersiapanpenilaianhasilbelajarKurikulum 2013 pembelajaransejarah di SMAN 2 Malangguru cukupmemahamipersiapan yang harusdilakukansebelummelakukanpenilaian. Meskipunterdapatbeberapakomponen yang belumdilakukanoleh guru sejarahsesuaidenganKurikulum 2013.Persiapan yang belumdilaksanakansecaramaksimalsesuaidenganstandaryaitupenyusunankisi-kisidanpelaksanaanujianhariansertapenggunaanranahafektif. (2) PelaksanaanpenilaianhasilbelajarKurikulum 2013 pembelajaransejarah di SMAN 2 Malang. Guru sejarah di SMAN 2 Malang melaksanakanpenilaiansecaramaksimalakantetapimasihbersifatkondisional. Guru sejarahbersifatkondisionalterhadapkeadaansiswadansekolahsertadisesuaikandenganotoritas guru sebagaipelaksanaanpenilaian. Pelaksanaanpenilaian yang diterapkanbelumsemuasesuaidenganstandarpenilaianKurikulum 2013. Saran dalampenelitianiniadalah (1) Bagi guru harapannyaterusberupayauntukmeningkatkanpemahamanterhadapStandarPenilaianpendidikan agar penilaiandilakukansesuaidenganprosedur yang ditetapkanpemerintah (2). Bagisekolahsecaraberkalamelakukankegiatan workshop seminarmengenaievaluasihasilbelajarsehingga guru dapatmemahamihakikatpenilaiandenganbaikdanmeningkatkankualitasmengenaicaramelakukanpersiapansertapelaksanaanpenilaian (3). Fokuspenelitianmasihsempitsehinggabagipenelitiselanjutnyadisarankanuntukmemperluaspopulasipenelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54873

Actions (login required)

View Item View Item