Penerapan media permainan tiga jadi dalam pembelajaran sejarah untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas XI IIS 1 semester genap SMAN 1 Lawang tahun ajaran 2015-2016 / Fransisca - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan media permainan tiga jadi dalam pembelajaran sejarah untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas XI IIS 1 semester genap SMAN 1 Lawang tahun ajaran 2015-2016 / Fransisca

Fransisca (2016) Penerapan media permainan tiga jadi dalam pembelajaran sejarah untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas XI IIS 1 semester genap SMAN 1 Lawang tahun ajaran 2015-2016 / Fransisca. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fransisca. 2016. Penerapan Media Permainan Tiga Jadi Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XI IIS 1 Semester Genap SMAN 1 Lawang Tahun Ajaran 2015/2016.Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Dr. R. Reza Hudiyanto. M. Hum (II) Drs. Marsudi M. Hum. Kata Kunci Permainan Tiga Jadi Minat Belajar SMAN 1 Lawang Permasalahan belajar yang terjadi di kelas XI IIS 1 SMAN 1 Lawang yaitu rendahnya minat belajar pada siswa. Berdasarkan pengamatan awal yang dilakukan saat proses pembelajaran terdapat siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru mendengarkan musik melalui headset bergurau dan mengantuk. Hal ini disebabkan karena kurangnya pemaanfaatan media pembelajaran yang digunakan guru. Guru hanya menggunakan media papan tulis dengan sumber belajar LKS. Peneliti berkolaborasi dengan guru dengan menggunakan media permainan Tiga Jadi untuk meningkatkan minat belajar siswa guna membantu siswa dalam menganalisis peristiwa sejarah serta menguji tingkat pemahaman materi pada siswa.Media permainan Tiga Jadi merupakan permainan yang menggunakan papan terdiri dari 9 kotak yang menggunakan gaco untuk bermain. Permainanini dilakukan dengan cara bersaing jika berhasil membentuk gaco menjadi tiga yakni vertikal horizontal maupun diagonal maka mendapatkan poin. Berdasarkan latar belakang masalah yang ada maka merumuskan masalah(1) Bagaimana penerapan media permainan Tiga Jadi dalam pembelajaran sejarahsiswa kelas XI IIS 1 SMAN 1 Lawang tahun ajaran 2015/2016 (2) Bagaimana peningkatan minat belajar siswa kelas XI IIS 1 SMAN 1 Lawang dalam penerapan media permainan Tiga Jadi pada pembelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas atau PTK prosedur penelitian yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Penelitian ini menggunakan 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Pada penelitian ini menggunakan KD 3.11 Menganalisis peristiwa-peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945 dan artinya bagi kehidupan berbangsa dan bernegara pada masa itu dan masa kini. Materi pada siklus I keadaan Jepang menjelang akhir kekuasaannya di Indonesia pada siklus II menggunakan materi peristiwa-peristiwa penting sekitar proklamasi hingga penyebaran berita proklamasi. Berdasarkan hasil penelitian penerapan permainan Tiga Jadi dalam pembelajaran sejarah dilakukan secara berkelompok dengan diberikan soal untuk menguji tingkat pemahaman siswa. Setiap anggota kelompok yang melangkah pada papan media harus menganalisis soal yang telah tersedia.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada tahap pra tindakan menghasilkan presentase 60% berdasarkan lembar pengamatan minat. Berdasarkan lembar pengamatan minat dari pra tindakan ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 11%.Berdasarkan lembar pengamatan minat dan angket siswa yang dirata-rata memperoleh presentase minat belajar pada siklus I sebesar 72%denganrincian aspek ketertarikan 74 5% perasaan senang 75% perhatian 69 5% dan keterlibatan 69%.Pada tingkat minat belajar siswa tergolong dalam kategori berminat. Minat belajar pada siklus II sebesar 86 25% dengan rincian aspek ketertarikan 89 5% perasaan senang 90% perhatian 92% dan keterlibatan 83 5%. Pada tingkat minat belajar siswa tergolong dalam kategori sangat berminat. Pada temuan data terdapat peningkatan dari siklus I ke siklus II sebanyak 14%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa media permainan Tiga Jadi dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran Sejarah pada kelas XI IIS 1 SMAN 1.Adanya peningkatan tersebut dikarenakan adanya perbaikan media maupun pelaksanaan pembelajaran mengunakan media permainan Tiga Jadi.Bagipeneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan serta memanfaatkan media pembelajaran lebih variatif dan inovatif agar pembelajaran sejarah lebih menarik. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54872

Actions (login required)

View Item View Item