Sari, Poni Nofita (2016) Penggunaan peta sejarah digital pada materi Kerajaan-Kerajaan Islam di Indonesia guna peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X IPA SMA Taman Madya Malang / Poni Nofita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sari PoniNofita.2016. PenggunaanPetaSejarah DigitalpadaMateriKerajaan-Kerajaan Islam di Indonesia GunaPeningkatanMotivasidanHasilBelajarSiswaKelas X IpaSma Taman Madya Malang Skiripsi JurusanPendidikansejarah Fakultasilmusosial UniversitasNegeri Malang.Pembimbing (1) Drs.I WayanLegawa M.Si (II)Dr. R. Reza Hudiyanto S S M. Hum. Kata kunci PetaSejarah Motivasi HasilBelajar Berdasarkanhasilobservasipra- tindakankelas X IPA di SMA Taman Madya Malang dapatdiketahuinilai rata-ratasejarahmasih di bawah KKM.Kelemahaniniakandiatasidenganmenggunakan media Peta.Kemampuansiswa yang rendahdalampelajaransejarahinidikarenakansiswanyakurangbegituaktifdalamkegiatanbelajardikelas halinidikarenakan proses pembelajaranmasihdidominasioleh guru guru hannyamenggunakanmetodeceramahsaja. Rumusanmasalahpadapenelitianiniadalah(1)BagaimanaPelaksanaanPembelajarandenganmengunakanPetaSejarahgunameningkatkanmotivasibelajarsiswakelas X IPA SMA Taman Madya (2)BagaimanaefektivitaspembelajarandenganmenggunakanPetaSejarahGunameningkatkanMotivasidanhasilbelajarsiswakelas X IPA SMA Taman Madya Malang Penelitian ini termasuk jenis penelitian penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subyekpenelitin ini yakni adalah siswa kelas X-IPA SMA Taman Madya yang terdiri dari 17 siswadari 15 laki-lakidan 2 perempuan. Instrumen yang digunakandalampenelitianiniadalahberupatesobyektif. Datadaripenelitianiniterdiridari 3 jenisyaitu(1) Data yang di dapatdarihasilobservasidalampembelajaran. (2) Data hasilcatatanlapangan (3) Data berupanilai yang menunjukanpeningkatandaya. Hasilpenelitianinimenunjukanbahwaterdapatperbedaan yang sinifikanhasilmotivasibelajarsiswa.peningktanmotivasitarafkeberhasilantindakandalampenilaianmotivasidalamsiklus 1 54 76% sedangkanpadasiklus 2 mencapai 96 87% tarafkeberhasilan yang sangatbaik. Peningkatan dalam hasil belajar siswa juga terjadi pada siklus 1 ke siklus 2 jika dibandingkan dengan hasil belajar siswa dari sebelum diterapkannya tindakan (pre-test) sampai diterapkannya media peta sejarah dari siklus 1 ke siklus 2. Dari siklus 1 diperoleh rata-rata hasilbelajarsiswamencapai 72 5dandalamsiklus 2 mencapai 77 81. Data-data yang telahdipaparkanpenggunaan mediapetasejarahlebihefektifdibandingkandengan model pembelajarankonvesionl.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/54871 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |