Presepsi guru sejarah terhadap strategi pembelajaran kontekstual Kurikulum 2013 di SMA Negeri 2, 4 dan 5 Kabupaten Pamekasan / Aufarani Sofia - Repositori Universitas Negeri Malang

Presepsi guru sejarah terhadap strategi pembelajaran kontekstual Kurikulum 2013 di SMA Negeri 2, 4 dan 5 Kabupaten Pamekasan / Aufarani Sofia

Sofia, Aufarani (2016) Presepsi guru sejarah terhadap strategi pembelajaran kontekstual Kurikulum 2013 di SMA Negeri 2, 4 dan 5 Kabupaten Pamekasan / Aufarani Sofia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sofia Aufarani. 2016. Persepsi Guru Sejarah terhadap Strategi Pembelajaran dan Kontekstual Kurikulum 2013 di SMA Negeri 2 4 dan 5 Kabupaten Pamekasan. Skripsi Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Haryono M.Pd (II) Drs.Mashuri M.Hum. Kata Kunci Persepsi Guru Strategi pembelajaran kontekstual kurikulum 2013. Pembelajaran Kontekstual merupakan suatu proses pendidikan yang holistik dan bertujuan memotivasi siswa untuk memahami makna materi pelajaran yang dipelajarinya dengan mengkaitkan materi tersebut dengan konteks kehidupan mereka sehari-hari (konteks pribadi sosial dan kultural) sehingga siswa memiliki pengetahuan/keterampilan yang secara fleksibel dapat diterapkan (ditransfer) dari satu permasalahan ke permasalahan lainnya. Pengaplikasian strategi pembelajaran kontekstual pada pelajaran sejarah di SMA Negeri 2 4 dan 5 Kabupaten Pamekasan tidak dapat berjalan dengan lancar. Hal ini dikarenakan terdapat banyak faktor yang mempengaruhi strategi pembelajaran kontektual tidak dapat berjalan dengan lancar seperti museum yang ada di Kabupaten Pamekasan tidak ada kaitannya dengan pelajaran sejarah yang ada di sekolah terbatasnya sarana dan prasana yang ada dan terbatasnya sumber-sumber buku sehingga untuk dapat mengajarkan dengan menggunakan berbagai sumber sangat sulit dilakukan oleh guru sejarah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah persepsi guru sejarah terhadap strategi pembelajaran kontektual kurikulum 2013 di SMA Negeri 2 4 dan 5 Kabupaten Pamekasan (2)Bagaimanakah pengaruh persepsi guru sejarah terhadap strategi pembelajaran kontektual kurikulum 2013 dalam pelajaran sejarah di SMA Negeri 2 4 dan 5 Kabupaten Pamekasan Pendekatan yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah peneliti melakukan observasi awal wawancara observasi pengolahan data dan analisis data. Hasil penelitian ini adalah (1) Persepsi guru sejarah terhadap strategi pembelajaran kontekstual mendukung penggunaan strategi kontekstual dalam pelajaran sejarah tetapi dalam proses pembelajaran tidak sesuai antara persepsi guru dengan implementasi pembelajaran kontekstual (2) Pengaruh persepsi guru sejarah SMA Negeri Kabupaten Pamekasan terhadap pembelajaran kontekstual adalah dapat mempengaruhi cara mengajar guru sejarah selama proses pembelajaran berlangsung. Saran penelitian ini adalah (1) Guru sejarah SMA Negeri Kabupaten Pamekasan harus bisa berinovasi dalam penggunaan media pembelajaran (2) Sekolah seharusnya mampu menyediakan sumber-sumber belajar tidak terbatas pada buku paket dan LKS saja (3) Dalam pengembangan penelitian ini ke arah lebih lanjut peneliti memberikan saran di harapkan ada penelitian mengenai kajian pengembangan media pembelajaran berbasis strategi kontekstual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54870

Actions (login required)

View Item View Item