Nisa, Choirotun (2016) Pelaksanaan penilaian jurnal dalam mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS SMA Negeri 4 Malang tahun ajaran 2014-2015 / Choirotun Nisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nisa Choirotun. 2016. Pelaksanaan Penilaian Jurnal Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI SMA Negeri 4 Malang Tahun Ajaran 2014-2015. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs Kasimanuddin Ismain M.Pd. (2) Najib Jauhari S.Pd. M.Hum. Kata Kunci Penilaian Jurnal Pelajaran Sejarah SMA Negeri 4 Malang Jurnal catatan guru merupakan teknik penilaian yang diusung Kurikulum 2013 untuk menilai sikap siswa se-obyektif mungkin. Menurut Permendikbud No 66 tahun 2013.Jurnal merupakan catatan pendidik di dalam dan di luar kelas yang berisi informasi hasil pengamatan tentang kekuatan dan kelemahan peserta didik yang berkaitan dengan sikap dan perilaku. Masalah dalam pelaksanaan penilaian jurnal yang selama ini dijumpai yaitu guru sering menunda-nunda penilaian jurnal di dalam kelas sehingga tidak didapatkan jurnal yang sesuai dengan kondisi belajar siswa di dalam kelas. Jurnal catatan guru terhadap siswa mampu menilai siswa se-obyektif mungkin dikarenakan jurnal catatan guru bisa sesegera mungkin merekam peristiwa yang ada di kelas maupun yang ada di luar kelas. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana perencanaan penilaian jurnal dalam mata pelajaran sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 4 Malang tahun ajaran 2014-2015 (2) Bagaimana pelaksanaan penilaian jurnal dalam mata pelajaran sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 4 Malang tahun ajaran 2014-2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Informan adalah guru sejarah SMA Negeri 4 Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi dan studi dokumentasi. Keabsahan data di dukung dengan kegiatan teknik triangulasi. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa dalam pelaksanaan penilaian jurnal siswa di kelas maupun di luar kelas telah menunjukan gambaran tentang sikap dan perilaku siswa sehari-hari. Gambaran sikap dan perilaku siswa dapat memudahkan guru dalam mengembangkan potensi yang dimiliki oleh peserta didik. Masalah dalam pelaksanaan penilaian jurnal yang selama ini dijumpai di SMA Negeri 4 Malang yaitu guru sering mengabaikan menunda-nunda penilaian jurnal sehingga tidak didapatkan jurnal yang sesuai dengan kondisi belajar siswa di dalam kelas. Guru juga sering meremehkan dan mengulur-ulur waktu dalam pelaksanaan penilaian jurnal. Hal itu berdampak pada penilaian yang tidak memiliki sistematis obyetivitas dan faktual. Untuk itu peneliti mengkaji pelaksanaan penilaian jurnal pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 4 Malang tahun ajaran 2014-2015. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan (1) bagi guru harapanya dapat menilai siswa se-obyektif mungkin dalam pembelajaran sejarah (2) guru dapat mengembangkan setiap potensi yang dimiliki peserta didik (3) dalam penilaian jurnal siswa guru disarankan dapat menyikapi siswa yang berperilaku dan bersikap kurang sopan tanggungjawab kurang disiplin kurang jujur dan lain-lain dan juga dapat mengapresiasi siswa yang sudah bersikap positif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jul 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/54867 |
Actions (login required)
View Item |