Penggunaan permainan roda impian berbasis pembelajaran kooperatif NHT untuk meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas XI TKR 1 SMK Negeri 6 Malang semester genap tahun ajaran 2015/2016 / Defi Purwantiyas

Purwantiyas, Defi (2016) Penggunaan permainan roda impian berbasis pembelajaran kooperatif NHT untuk meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas XI TKR 1 SMK Negeri 6 Malang semester genap tahun ajaran 2015/2016 / Defi Purwantiyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Purwantiyas, Defi. 2016. Penggunaan Permainan Roda Impian Berbasis Pembelajaran Kooperatif NHT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI TKR 1 SMK Negeri 6 Malang Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mashuri, M.Hum. (II) Deny Yudo Wahyudi, S.Pd., M.Hum. Kata Kunci: Permainan roda impian berbasis NHT, Hasil belajar, Pembelajaran Sejarah Hasil belajar merupakan hal yang sangat penting bagi siswa dalam setiap pembelajaran, salah satunya pada pembelajaran sejarah. Sebagian siswa sering menganggap bahwa sejarah adalah mata pelajaran yang banyak menghafal sehingga saat tes maupun ujian sering terjadi kesulitan dalam memahami materi tersebut. Kesulitan siswa dalam memahami materi sejarah terjadi di kelas XI TKR 1 SMK Negeri 6 Malang, berdasarkan data ulangan harian pertama pada semester genap dapat diketahui bahwa kelas tersebut memiliki permasalahan hasil belajar yang rendah. Observasi di kelas XI TKR 1 menunjukkan bahwa guru kurang inovatif dalam memilih strategi pembelajaran sehingga saat proses belajar mengajar, sebagian siswa cenderung pasif dan nampak tidak antusias. Kegiatan diskusi di kelas tidak membuat seluruh siswa aktif belajar, hanya beberapa siswa yang nampak antusias, sedangkan yang lainnya hanya pasif dan tidak memahami materi yang sedang dipelajari. Permasalahan hasil belajar tersebut dapat dapat diatasi dengan memilih strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik kelas XI TKR 1, salah satunya dengan permainan roda impian berbasis model pembelajaran kooperatif numbered head together (NHT). Permainan roda impian berbasis pembelajaran kooperatif NHT merupakan suatu strategi belajar berkelompok yang membuat pembelajaran sejarah agar tidak banyak mencatat dan menghafal, serta dapat membuat seluruh siswa aktif berpendapat. Siswa dapat belajar bersama kelompoknya saat kegiatan diskusi, namun saat pelaksanaan permainan dengan model NHT tanggungjawab ada pada tiap individu. Penggunaan permainan roda impian dengan model pembelajaran NHT akan membuat siswa lebih santai dalam belajar. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar sejarah kelas XI TKR 1 SMK Negeri 6 Malang Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016 melalui penggunaan permainan roda impian berbasis pembelajaran kooperatif NHT. Pendekatan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini siswa kelas XI TKR 1. Data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu data tentang hasil belajar dan penggunaan permainan roda impian dalam pembelajaran sejarah. Prosedur pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara, catatan lapangan, tes tulis, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini berdasarkan pendapat dari Miles & Hubermen yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, siklus 1 tiga pertemuan dan siklus 2 dua pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian di kelas XI TKR 1 diketahui bahwa hasil belajar siswa selalu meningkat di setiap siklus. Setelah melaksanakan pre-test hasil belajar yang didapat dari 28 siswa, terdapat 21 siswa tidak tuntas dengan presentase 75%, dan hanya 7 siswa tuntas dengan presentase 25%. Setelah penggunaan permainan roda impian berbasis pembelajaran kooperatif NHT hasil belajar siswa pada siklus 1 meningkat. Hasil belajar post-test dari 29 siswa sebanyak 20 siswa tuntas dengan presentase 71,42%, dan 8 siswa tidak tuntas dengan presentase 28,57%. Hasil post-test siklus 2 dari 28 siswa sebanyak 26 siswa telah tuntas dengan presentase 92,85%, siswa yang tidak tuntas sebanyak 2 siswa dengan presentase 7,14%. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan permainan roda impian berbasis pembelajaran kooperatif NHT hasil belajar sejarah siswa. Melalui penelitian ini guru sejarah diharapkan dapat menggunakan strategi dengan permainan roda impian berbasis model pembelajaran NHT ini agar dapat meningkatkan pemahaman materi dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54861

Actions (login required)

View Item View Item