Utami, Lutvia (2016) Implementasi pendekatan saintifik pada matapelajaran sejarah di sma Negeri 2 Trenggalek semester genap tahun ajaran 2015/2016 / Lutvia Utami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Utami Lutvia. 2016. Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Matapelajaran Sejarah di SMA Negeri 2 Trenggalek Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Kasimanuddin Ismain M.Pd. (2) Deny Yudo Wahyudi S.Pd. M.Hum. Kata Kunci Implementasi Pendekatan Saintifik Pelajaran Sejarah Kurikulum 2013 dirancang berdasarkan penilaian-penilaian terhadap kekurangan dari Kurikulum sebelumnya. Perubahan jenis pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013 menjadi salah satu ciri khas. Pendekatan yang terdiri dari kegiatan mengamati menanya mengumpulkan informasi mengasosiasikan dan mengkomunikasikan. Berdasarkan wawancara guru yang mengatakan masih adanya kendala terhadap pelaksanaan pendekatan saintifik di wilayah Trenggalek. Berkaitan dengan itu maka diperlukan pembahasan mengenai (1) bagaimana perencanaan pembelajaran dan (2) bagaimana keterlaksanaan pembelajaran berbasis saintifik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk menggali data mengenai implementasi pendekatan saintifik pada pelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Trenggalek. Menggali data secara mendalam kepada 3 guru sejarah di SMA Negeri 2 Trenggalek pada keterlaksanaan pembelajaran apakah telah sesuai dengan pendekatan saintifik (Kurikulum 2013) atau belum. Pengambilan data dilakukan pada bulan Januari-Februari 2016. Metode yang digunakan antara lain wawancara observasi kelas dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dengan cara reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan dua simpulan. Pertama masalah aktifitas perencanaan pembelajaran. Guru telah melakukan langkah perencanaan dengan cukup baik yang mengacu pada kepemilikan silabus kepemilikan RPP berbasis saintifik metode pembelajaran (saintifik) alat dan sumber. Akan tetapi pada materi pembelajaran masih ada kelemahan yakni hanya satu guru yang menjabarkan materi. Materi yang dijabarkan belum dikembangkan dengan baik karena masih sama dengan buku teks Kurikulum 2013. Dapat disimpulkan bahwa pada tahapan perencanaan guru telah melakukan dengan baik namun masih ada kelemahan yang perlu diperbaiki. Kedua masalah pelaksanaan pembelajaran berbasis saintifik. Pelaksanaan pendekatan saintifik cukup baik namun masih ada kelemahan yang perlu untuk diperbaiki baik oleh guru ataupun peserta didik. Dari ketiga guru yang melakukan langkah pembelajaran sesuai dengan rencana pembelajaran hanya satu guru sedangkan dua guru lain menggunakan metode alternatif. Dari lima tahapan saintifik belum sepenuhnya terlaksana dengan baik misalnya pada langkah menanya belum banyak peserta didik yang terbiasa bertanya sehingga guru yang bertanya padahal sesuai dengan Permendikbud No. 103 Tahun 2014 kegiatan menanya dilakukan oleh peserta didik. Kurang terbiasanya peserta didik menjadi kendala yang sering terjadi dalam pelaksanaan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/54860 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |