Kinerja guru tidak tetap mata pelajaran sejarah SMA Negeri sederajat di Kabupaten Tulungagung / Asvin Novita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Kinerja guru tidak tetap mata pelajaran sejarah SMA Negeri sederajat di Kabupaten Tulungagung / Asvin Novita Sari

Sari, Asvin Novita (2016) Kinerja guru tidak tetap mata pelajaran sejarah SMA Negeri sederajat di Kabupaten Tulungagung / Asvin Novita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Asvin Novita. 2012. Kinerja Guru Tidak Tetap Mata Pelajaran Sejarah SMA Negeri Sederajat di Kabupaten Tulungagung. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Marsudi M. Hum. (II) Dra. Yuliati M. Hum. Kata Kunci kinerja guru guru tidak tetap Kabupaten Tulungagung Kinerja guru merupakan faktor yang paling menentukan kualitas pembelajaran.Untuk meningkatkan kualitas pendidikan harus didukung oleh guru yang profesional dan berkualitas. Guru tidak tetap sudah seharusnya juga memiliki kinerja yang baik dalam melaksanakan tugasnya sesuai tanggung jawab yang dibebankan kepadanya yang meliputi menyusun program pembelajaran pelaksanaan pembelajaran dan pelaksanaan evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikankinerja guru tidak tetap dalam melakukan pembelajaran sejarah SMA Negeri sederajat di Kabupaten Tulungagung dan mendeskripsikanupaya meningkatkan kinerja guru tidak tetap mata pelajaran sejarah SMA Negeri sederajat di Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknikobservasi wawancara dan dokumentasi. Analisis yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi reduksi data penyajian data dan kesimpulan. Dalam mereduksi data peneliti akan berfokus pada perencanaan pembelajaran pengamatan kegiatan pembelajaran dikelas pengelolaan kelas serta evaluasi pembelajaran yang dilakukan guru. Penyajian data disajikan dalam bentuk narasi yang bersifat deskriptif penarikan kesimpulan berupa hasil dari penelitian kemudian penulisan laporan hasil penelitian. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut. Pertama kinerja guru tidak tetap dalam melakukan pembelajaran sejarah termasuk dalam kategori baik namun belum sempurna. Guru melakukan perencanaan pembelajaran dengan membuat RPP sesuai dengan kurikulumnya pelaksanaan pembelajaran tidak sepenuhnya mengikuti RPP yang dibuat. Guru menggunakan media dan metode pembelajaran penggunaannya masih belum bervariasi. Memanfaatkan sarana dan prasarana sekolah seperti perpustakaan sebagai sumber belajar siswa.Penguasaan materi guru tidak tetap sudah baik. Guru dapat melibatkan peserta didik dalam proses pembelajaran. Kedua upaya guru tidak tetap mata pelajaran sejarah dalam meningkatkan kinerja guru dengan terus belajar dan berinovasi meningkatkan pengetahuan sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman. Upaya sekolah dengan memberikan dukungan dan bimbingan serta memberikan kesempatan dan memberikan izin kepada semua guru untuk mengikuti kegiatan-kegiatan pendidikan seperti pelatihan seminar diklat atau workshop. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan disarankan untuk peneliti selanjutnya melakukan penelitian tentang kinerja guru tidak tetap dengan subyek penelitian yang lebih banyak dan beragam agar nantinya dapat dilihat perbandingan antara guru yang satu dengan yang lain dalam melaksanakan tugasnya. Selain itu peneliti selanjutnya dapat melihat guru tidak tetap dari kualifikasi kompetensi yang harus dimiliki pendidik yang meliputi kompetensi pedagogik kompetensi profesional kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54859

Actions (login required)

View Item View Item