Pengembangan media pembelajaran MaKing (Majapahit KJindom) berbantuan komputer (computer assisted instruction) berbasis macromedia flash untuk siswa kelas XI SMA / Kiki Rizki Arstya

Aristya, Kiki Rizki (2016) Pengembangan media pembelajaran MaKing (Majapahit KJindom) berbantuan komputer (computer assisted instruction) berbasis macromedia flash untuk siswa kelas XI SMA / Kiki Rizki Arstya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aristya, Kiki Rizki. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran MaKing (Majapahit Kingdom) Berbantuan Komputer (Computer Assisted Instruction) Berbasis Macromedia Flash Untuk Siswa Kelas XI SMA. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Deny Yudo Wahyudi, S.Pd, M.Hum, (II) Drs. Kasimannudin Ismain, M.Pd. Kata Kunci: Media CAI, Macromedia Flash, Kerajaan Majapahit Pelajaran Sejarah merupakan salah satu pelajaran yang membutuhkan visualisasi dalam penerapannya. Salah satu materi yang dianggap sebagai hafalan dan membutuhkan visualisasi adalah materi Kerajaan Majapahit. Berdasarkan hasil angket pada observasi awal, diketahui bahwa siswa menganggap materi Kerajaan Majapahit susah untuk dipahami karena terlalu banyak hafalan sehingga dibutuhkan media yang dapat membantu proses pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah media CAI (Computer Assisted Instruction) dengan menggunakan software Macromedia Flash. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran MaKing (Majapahit Kingdom) berbantuan komputer (Computer Assisted Instruction) berbasisMacromedia Flashuntuk siswa kelas XI SMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dari Sugiyono. Metode ini memiliki sepuluh tahap, namun dalam penelitian yang digunakan hanya sembilan tahap, yaitu (1) Potensi dan Masalah; (2) mengumpulkan informasi; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) perbaikan desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian; dan (9) revisi produk akhir. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan saran dari ahli media, materi dan siswa. Hasil pengembangan ini adalah media pembelajaran CAI menggunakan Macromedia Flash pada materi Kerajaan Majapahit. Hasil validasi ahli materi memperoleh nilai sebesar 93,18 % dan 88,63 %, sedangkan dari validasi media sebesar 98,07%. Dari hasil angket respon siswa dari uji coba produk pada kelompok kecil sebesar 90,00% dan 90,50% dari respon siswa pada uji coba kelompok besar. Berdasarkan hasil tersebut, maka media pembelajaran CAI menggunakan Macromedia Flash pada materi Kerajaan Majapahit memenuhi kriteria kevalidan dan layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54858

Actions (login required)

View Item View Item