Penggunaan media papan sudoku sejarah dalam pembelajaran sejarah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran siswa kelas XI IIS 1 di SMA Negeri 10 Malang / Fendy Indra Marosa - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media papan sudoku sejarah dalam pembelajaran sejarah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran siswa kelas XI IIS 1 di SMA Negeri 10 Malang / Fendy Indra Marosa

Marosa, Fendy Indra (2016) Penggunaan media papan sudoku sejarah dalam pembelajaran sejarah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran siswa kelas XI IIS 1 di SMA Negeri 10 Malang / Fendy Indra Marosa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Marosa Fendy I. 2016. Penggunaan Media Papan Sudoku Sejarah Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa Kelas XI IIS 1 di SMA Negeri 10 Malang. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hariyono M.Pd (II) Drs. Mashuri M.Hum Kata Kunci media papan sudoku sejarah kualitas pembelajaran proses hasil. Inovasi dalam proses pembelajaran sangat perlu untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan menjadikan mata pelajaran sejarah lebih efektif.Mata pelajaran sejarah sebenarnya membutuhkan pendalaman materi yang lebih bukan hanya menekankan hafalan pada materi. Berdasarkan observasi awal pada kelas XI IIS 1 SMAN 10 Malang ditemukan adanyapenggunaan media yang masih kurang optimal. Masalah tersebutlah yangmenyebabkanpeserta didik hanya mendengarkan penjelasan dari guru sehingga timbul kebosanan dan tidak aktif untuk belajar. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan di kelas XI IIS 1 yaitu dengan penggunaan media papan sudoku sejarah agar peserta didik turut aktif dalam proses pembelajaran sejarah. Harapandaripenggunaan media ini guna menciptakan proses dan hasil belajar yang lebih positif. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus setiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Tujuan dari penelitianini adalah (1) untuk meningkatkan proses pembelajaran peserta didik kelas XI IIS 1 SMA Negeri 10 Malang melalui penggunaan media papan sudoku dalam belajar sejarah. (2) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IIS 1 SMA Negeri 10 Malang melalui penggunaan media papan sudoku dalam belajar sejarah. Sejalan dengan tujuan tersebut kualitas pembelajaran dapat diketahui dari proses dan hasil belajar peningkatan diukur dengan melihat keaktifan serta hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukan penggunaan media papan sudoku sejarah dapat meningkatkan proses dan hasil pembelajaran. Hal ini didasari dari perolehan hasil penelitian keaktifan peserta didik secara klasikal mengalami peningkatan. Pada pra siklus diperoleh persentase 31% siklus 1 meningkat menjadi 57 29% dan siklus 2 meningkat menjadi 76 65%. Peningkatan keaktifan di kelas XI IIS 1 diperkuat dengan keberlangsungan pembelajaran menggunakan media papan sudoku sejarah terlaksana dengan baik.Peningkatan ini ditunjukan dari hasil lembar observasi proses pembelajaran. Pada siklus 1 diperoleh persentase sebesar 70% dan siklus 2 meningkat menjadi 87 50%. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar peserta didik nilai rata-rata pra sikluspada nilai ulangan harian sejarah peminatan yakni 70 32 dengan ketuntasan klasikal 32 25%. Pada siklus 1 rata-rata hasil belajar peserta didik 73 45 dengan ketuntasan klasikal 61 29% dan siklus 2 mengalami peningkatan nilai rata-rata 78 61 dengan ketuntasan secara klasikal sebesar 77 41%. Dapat disimpulkan penggunaan media papan sudoku sejarah pada kelas XI IIS 1 SMA Negeri 10 Malang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang dibuktikan dengan meningkatnya proses dan hasil belajar peserta didik. Dari hasil penelitian ini penulis memberikan beberapa saran diantaranya (1) bagi guru guru hendaknya terus mengembangkan pembelajaran yang bervariasi dan inovatif agar dapat menciptakan proses pembelajaran sejarah yang menarik serta memberikan hasil belajar lebih baik. (2) bagi peserta didik kelas XI IIS 1 SMAN 10 Malang peserta didik hendaknya harus lebih semangat dan tidak melakukan aktifitas lain selain belajar diwaktu pembelajaran sedang berlangsung. (3) bagi peneliti selanjutnya pada penelitian ini masih terdapat kekurangan dalam pelaksanaan pembelajaran. Misalnya pengorganisasian waktu dan penyelesaian media belum sepenuhnya terpenuhi sehingga diharapkan peneliti berikutnya dapat menyempurnakan dan melanjutkan kreativitas dalam proses pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54852

Actions (login required)

View Item View Item