Dinamika seni tari Kiprah Glipang "Sanggar Andhika Jaya dan Sanggar Putra Andhika Jaya" Desa Pendil Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo era 1980-2014 serta nilai-nilai edukasinya / Dwi Candra Wibawa - Repositori Universitas Negeri Malang

Dinamika seni tari Kiprah Glipang "Sanggar Andhika Jaya dan Sanggar Putra Andhika Jaya" Desa Pendil Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo era 1980-2014 serta nilai-nilai edukasinya / Dwi Candra Wibawa

Wibawa, Dwi Candra (2016) Dinamika seni tari Kiprah Glipang "Sanggar Andhika Jaya dan Sanggar Putra Andhika Jaya" Desa Pendil Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo era 1980-2014 serta nilai-nilai edukasinya / Dwi Candra Wibawa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wibawa. Dwi Candra. 2015. DinamikaSeniTariKiprahGlipang SanggarAndhika Jaya danSanggarPutra Andhika Jaya DesaPendil Kecamatan BanyuanyarKabupatenProbolinggotahun 1980-2014 danNilai-nilai Edukasinya. Skripsi Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Yuliati M.Hum (II) Dr. Abdul Latif Bustami M.Si Kata Kunci Dinamika Seni Tari Kiprah Glipang Nilai-nilai Edukasi Makna tari Kiprah Glipang Probolinggo merupakan simbolisme perlawanan terhadap pemerintah Belanda. Maksuddariperlawanansimbolisini yaitukarenapadawaktuitumasyarakatmasihbelummampumelawansecarafisik yang akhirnyamerekamembuatperkumpulandanmenciptakansebuahtarian yang mengekspresikanseorangprajuritketikasedangmenujumedanperanguntukmelawanpenjajahBelanda.Alasandipilihnyapenelitianiniadalahkedekatanemosional peneliti ingin menunjukkaneksistensi kesenian tari Kiprah Glipang pada masyarakat Desa Pendil Kabupaten Probolinggo serta untuk mengetahui lebih jauh tentang dinamika kesenian tari Kiprah Glipang dalam setiap tahunnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang dinamika yang terjadi pada kesenian tari Kiprah Glipang tahun 1980-2014 mendiskripsikan upaya masyarakat Desa Pendil dan Pemerintah Kabupaten Probolinggo untuk melestarikan kesenian tari Kiprah Glipang serta menjelaskan tentang nilai-nilai edukasinya. Pendekatan yang digunakan adalahpendekatankualitatifdenganmetodehistoris(penelitiansejarah). Penelitiansejarah merupakanpenelitian yang mencobauntukmendeskripsikansecarasistematisdanobjektifmelaluiberbagaitahap. Adapunlangkah-langkahdalampenelitiansejarahadalah (1) Pemilihantopik (2) Pengumpulansumber (heuristik) (3) Kritiksejarah/keabsahansumber (verifikasi) (4) (interpretasi) (5) Penulisansejarah (historiografi). Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut (1) Dinamika Seni Tari Kiprah Glipang Era 1980-1988 ini sangat pesat kesenian Kiprah Glipang tampil pada eventtingkat propinsi sampai tingkat nasional dan pada era tahun ini juga ditemukan adanya dinamika terlihat pada aspek seniman kostum alat musik gerakan tari dan durasi waktu (2) Dinamika Seni Tari Kiprah Glipang era 1991-1999 masih mewujudkan eksistensinya dalam pementasannya. Dinamika pada era tahun ini terlihat di lembaga pendidikan serta kesenian tari Kiprah Glipang mengalami dinamika pada aspek penambahan kostum di Era 1999. (3) Dinamika Seni Tari Kiprah Glipang era 2004-2014 pada era ini perkembangan kesenian tari Kiprah Glipang mengalami kemajuan yang pesat. Pemerintah Kabupaten Probolinggo sering mengadakan event untuk melestarikan kesenian tari Kiprah Glipang ini. Dinamika yang terjadi era tahun ini adanya nampak pada aspek alat musiknya terjadi perubahan kreasi bentuk alat musik Kentongan yang diciptakan oleh seniman Kiprah Glipang. (4) berbagai upaya yang telah dilakukan oleh masyarakat Desa Pendil dan pemerintah Kabupaten Probolinggo untuk menjaga dan melestarikan kesenian tari Kiprah Glipang. Nilai edukasi yang terkandung dalam kesenian tari Kiprah Glipang ini salah satunya nilai pendidikan Karakter seperti karakter cinta Tuhan dan segenap ciptaan-Nya dan suka menolong dan gotong-royong selain nilai pendidikan karakter nilai muatan lokal juga terdapat dalam kesenian tari Kiprah Glipang seperti seni budaya. Berdasarkan penelitian ini terdapat beberapa saran kepada berbagai pihak 1) Bagi pemerintahan Kabupaten Probolinggo diharapkan agar lebihseriusdalam mengesahkan hak paten tentang kesenian Kiprah Glipang sebagai kesenian khas masyarakat Kabupaten Probolinggo 2) Bagi masyarakat Desa Pendil agarkeikutsertaandalammenjaga melestarikan memperkenalkankesenianTariKiprahGlipanginisebagaikeseniankhasMasyarakatKabupatenProbolinggo 3) Bagi peneliti selanjutnya agar bisamengupastentangKonflik yang terjadiantaraKesenianKiprahGlipangKabupatenProbolinggodengankesenianGlipangLumajang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54840

Actions (login required)

View Item View Item