Rusliana, Devi (2015) Penggunaan sumber belajar berbasis moodle untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X-IPA 1 SMA Negeri 2 Bojonegoro tahun ajaran 2013/2014 / Devi Rusliana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rusliana Devi. 2015. Penggunaan Sumber Belajar Berbasis Moodle untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X-IPA I SMA Negeri 2 Bojonegoro Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Siti Malikhah Towaf M.A. Ph.D (II) Aditya Nugroho Widiadi S.Pd M.Pd. Kata Kunci Sumber Belajar Moodle Motivasi Belajar Hasil Belajar. Sumber belajar merupakan salah satu sarana yang penting dalam kegiatan pembelajaran. Pada era globalisasi diperlukan sumber belajar yang inovatif. Hal ini dikarenakan penyajian materi yang menarik diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Sumber belajar yang biasa digunakan di SMA Negeri 2 Bojonegoro adalah buku paket. Kurang maksimalnya penggunaan sumber belajar menjadikan siswa bosan dan malas belajar saat mengikuti proses pembelajaran. Ketidak sungguhan siswa belajar di dalam kelas dapat mempengaruhi kurangnya motivasi belajar siswa. Kurangnya motivasi belajar siswa berdampak pada hasil belajar siswa yang cenderung kurang dari Kriteria Ketuntasan Minimal. Salah satu solusi untuk memecahkan permasalahan tersebut yaitu dengan cara menggunakan sumber belajar yang lebih inovatif. Sumber belajar berbasis moodle merupakan alternatif yang dapat digunakan sebagai penunjang kegiatan pembelajaran. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penggunaan sumber belajar berbasis moodle di kelas X-IPA I SMA Negeri 2 Bojonegoro (2) Bagaimanakah motivasi belajar siswa kelas X-IPA I di SMA Negeri 2 Bojonegoro setelah menggunakan sumber belajar berbasis moodle (3) Bagaimanakah hasil belajar siswa kelas X-IPA I di SMA Negeri 2 Bojonegoro setelah menggunakan sumber belajar berbasis moodle . Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas atau yang biasa disebut dengan PTK yang dilakukan di SMA Negeri 2 Bojonegoro tahun ajaran 2013/2014 semester ganjil. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas X-IPA I yang berjumlah 32 siswa. Pengambilan subjek menggunakan data nilai observasi awal. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara observasi wawancara tes angket catatan lapangan dokumentasi. Pengukuran data yang digunakan untuk melihat adanya peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari hasil tes siklus I dan tes siklus II. Sedangkan untuk mengetahui tinggi rendahnya motivasi belajar siswa menggunakan observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan sumber belajar berbasis moodle yang dilaksanakan di kelas X-IPA I dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata kelas X-IPA I pada mata pelajaran sejarah sebelum dilakukan tindakan adalah 50 21. Pada siklus I nilai rata-rata kelas siswa meningkat menjadi 65 31 dan prosentase ketuntasan hasil belajar siswa adalah 44%. Kemudian terjadi peningkatan yang cukup signifikan pada siklus II yakni rata-rata kelas meningkat menjadi 78 serta prosentase keberhasilan belajar siswa menjadi 84%. Berdasarkan hasil observasi motivasi belajar siswa juga meningkat. Motivasi belajar siswa pada pra penelitian adalah 37 5%. Kemudian pada siklus I meningkat sebesar 70 8% dan peningkatan juga terjadi pada siklus ke II yaitu 87 5%. Selain dari hasil observasi meningkatnya motivasi belajar siswa juga tampak pada tabel hasil angket siswa yaitu 87 2%. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar siswa dengan menggunakan sumber belajar berbasis moodle. Disarankan bagi guru sejarah untuk terus menggunakan sumber belajar berbasis moodle agar dapat terus meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Nov 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/54836 |
Actions (login required)
View Item |