Pesan moral edukatif relief di Mandala Kadewaguruan pada situs Jawar di Ampel Gading, Malang masa Majapahit (abad XIV-XV Masehi) / Aang Pambudi Nugroho - Repositori Universitas Negeri Malang

Pesan moral edukatif relief di Mandala Kadewaguruan pada situs Jawar di Ampel Gading, Malang masa Majapahit (abad XIV-XV Masehi) / Aang Pambudi Nugroho

Nugroho, Aang Pambudi (2015) Pesan moral edukatif relief di Mandala Kadewaguruan pada situs Jawar di Ampel Gading, Malang masa Majapahit (abad XIV-XV Masehi) / Aang Pambudi Nugroho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nugroho Aang Pambudi. 2014. Pesan Moral Edukatif Relief di Ma 7751 7693 ala Kadewaguruan pada Situs Jawar di Ampel Gading Malang Masa Majapahit (Abad XIV-XV Masehi). Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Slamet Sujud Purnawan Jati M.Hum (II) Drs. Dewa Agung Gede Agung M.Hum. Kata Kunci moral edukatif relief ma 7751 7693 ala kadewaguruan Penelitian ini dilatari oleh permasalahan adanya gejala-gejala degradasi moral sebagai dampak negatif dari era globalisasi. Hal itu merupakan permasalahan budaya dan karakter bangsa. Oleh karena itu diperlukan adanya pendidikan moral yang bersumber pada nilai-nilai budaya salah satunya dari sebuah relief yang terpahat di bangunan ma 7751 7693 ala kadewaguruan pada Situs Jawar sebagai tempat pendidikan keagamaan pada masa Jawa Kuno. Permasalahan yang diteliti adalah (1) rekonstruksi bentuk dan fungsi Situs Jawar (2) isi cerita relief yang terdapat pada bagian kaki pendapa teras di Situs Jawar dan (3) pesan moral edukatif yang terdapat pada relief di bagian kaki pendapa teras di Situs Jawar. Tujuan penelitian ini adalah (1) merekonstruksi bentuk dan fungsi Situs Jawar (2) mendeskripsikan isi cerita relief yang terdapat pada bagian kaki pendapa teras di Situs Jawar dan (3) menjelaskan pesan moral edukatif yang terdapat pada relief di bagian kaki pendapa teras di Situs Jawar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif untuk memberikan gambaran yang sistematis dan objektif tentang Situs Jawar yang diteliti. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi studi kepustakaan dan wawancara. Sumber data primer dalam penelitian ini berupa sumber data artefaktual dan tekstual sedangkan sumber data sekundernya berupa sumber data ekofaktual. Kegiatan analisis data terdiri dari analisis morfologi stilistik dan kontekstual. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh tiga buah kesimpulan sebagai berikut. Pertama Situs Jawar merupakan kompleks percandian yang berada di lereng bukit berfungsi sebagai tempat pendidikan keagamaan dan pemujaan. Kedua isi cerita relief yang terdapat pada bagian kaki bangunan pendapa teras Situs Jawar yaitu tentang cerita binatang sebagai visualisasi dari ajaran kesusilaan. Relief cerita binatang yang terpahatkan antara lain tentang burung bangau yang menipu ikan Kinnara yang setia gagak dan ular yang ingin membunuh seorang brahmana dua anjing yang lari memangsa kura-kura kera yang merusak sarang burung manyar tokoh Patih Serigala Sambada yang suka mengadu domba ular hitam yang menipu raja katak dan Raja Aridarma yang patuh kepada ajaran gurunya. Selain itu juga ada motif bunga teratai mekar sebagai simbol kesucian dan kesusilaan serta motif gulung ikal dan daun sebagai ornamen hias. Ketiga pesan moral edukatif yang terdapat pada relief-relief di bagian kaki pendapa teras Situs Jawar lebih berhubungan dengan ajaran kesusilaan masa Jawa Kuno yang terdiri dari sepuluh macam atau disebut dengan ajaran da 347 a 347 ila terdiri dari ahi 331 s 257 (tidak membunuh atau melakukan kekerasan) brahmacarya (mempraktikkan ajaran suci) sayta (setia tulus dan jujur) awyawah 257 rika (tidak ikut campur dalam perkara) astainya (tidak mencuri) akrodha (tidak marah) guru 347 u 347 r 363 7779 a (kepatuhan terhadap guru) 347 oca (kesucian) 257 h 257 ral 257 ghawa (tidak menipu) apram 257 da (tidak mabuk). Saran dari penulis adalah diharapkan adanya penelitian-penelitian lain yang berfokus pada nilai-nilai budaya yang terkandung pada sebuah tinggalan arkeologi khususnya mengenai pesan moral edukatif yang selanjutnya dapat dikorelasikan dengan kurikulum pendidikan. Hal ini bertujuan sebagai upaya dalam mengatasi degradasi moral di era globalisasi pada masa dewasa ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54834

Actions (login required)

View Item View Item