Pemanfaatan museum brawijaya sebagai sumber belajar dalam pembelajaran sejarah siswa SMPK Cor Jesu Malang / Carol Adyatma Patria - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan museum brawijaya sebagai sumber belajar dalam pembelajaran sejarah siswa SMPK Cor Jesu Malang / Carol Adyatma Patria

Patria, Carol Adyatma (2015) Pemanfaatan museum brawijaya sebagai sumber belajar dalam pembelajaran sejarah siswa SMPK Cor Jesu Malang / Carol Adyatma Patria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Patria Carol Adyatma. 2015. Pemanfaatan Museum Brawijaya sebagai Sumber Belajar dalam Pembelajaran SejarahSiswaSMPK Cor Jesu Malang. Skripsi. Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hariyono M.Pd. (II) Dr. R. Reza Hudiyanto M.Hum Kata Kunci pemanfaatan Museum Brawijaya sumber belajar pembelajaran sejarah Museum Brawijaya Malang didirikan dengan tujuan membuktikan kepada masyarakat mengenai sejarah perjuangan bangsa Indonesia khususnya rakyat Jawa Timur. Museum Brawijaya berperandalam memberikan fungsi edukasi rekreasi penelitian dan pembinaan mental kejuangan. Melalui benda-benda koleksinya Museum Brawijaya dapat memberikan informasi mengenai sejarah perjuangan kemerdekaan. Letak Museum Brawijaya yang dekat dengan SMPK Cor Jesu memberikan hubungan kerjasama dalam pemanfaatan museum sebagai sumber belajar sejarah siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan menjelaskan potensi Museum Brawijaya sebagai sumber belajar danmendeskripsikan pemanfaatan Museum Brawijaya sebagai sumber belajar dalam pembelajaran sejarah siswaSMPK Cor Jesu Malang. Penelitian ini menggunalan metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu jenis penelitian yang menggambarkan atau melukiskan suatu kenyataan sosial dalam masyarakat. Pada penelitian ini menggambarkan proses pembelajaran sejarah diluar kelas dengan memanfaatkan Museum Brawijaya sebagai sumber belajar dalam rangka melaksanakan pembelajaran sejarah oleh siswaSMPK Cor Jesu Malang. Dalam penelitian ini data diperoleh dari pihak-pihak terkait seperti pengelola Museum Brawijaya guru pendamping siswa dalam kunjungan ke Museum Brawijaya serta siswa sebagai peserta pembelajaran di museum. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data pemaparan data dan penarikan kesimpulan. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan dengan melakukan ketekunan pengamatan triangulasi dan pengecekan data. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diperoleh beberapa hasil sebagai berikut 1) Museum Brawijaya dapat digunakan sebagai penyedia informasi seputar sejarah perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan khususnya di Jawa Timur. Ini didukung dengan berbagai kelengkapan koleksi yang terdapat di dalamnya. Koleksi-koleksi tersebut membantu mengungkap peristiwa perjuangan tentara angkatan darat dalam mempertahankan kedaulatan bangsa Indonesia dan sangat membantu dalam proses pembelajaran sejarah. 2)Koleksi-koleksi yang terdapat di Museum Brawijaya sangat membantu siswa dalam pemanfaatannya sebagai sumber belajar sejarah sehingga mampu memberikan variasi pada guru dalam kegiatan belajar mengajar dan meningkatkan motivasi dan keaktifan siswa dalam pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54826

Actions (login required)

View Item View Item