Pengembangan e-learning berbasis moodle sebagai komplemen pembelajaran sejarah kelas X IIS di MAN Malang 1 / Wahyu Patria Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-learning berbasis moodle sebagai komplemen pembelajaran sejarah kelas X IIS di MAN Malang 1 / Wahyu Patria Kurniawan

Kurniawan, Wahyu Patria (2015) Pengembangan e-learning berbasis moodle sebagai komplemen pembelajaran sejarah kelas X IIS di MAN Malang 1 / Wahyu Patria Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniawan Wahyu Ilman Patria. 2015. Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle Sebagai Komplemen Pembelajaran Sejarah Kelas X IIS di MAN Malang 1. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Siti Malikhah Towaf M. A Ph. D (II) Aditya Nugroho Widiadi S. Pd M. Pd. Kata Kunci Pengembangan E-learning Moodle Komplemen Pembelajaran Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memungkinkan terciptanya inovasi pendidikan dalam bentuk e-learning. E-learning atau electronic learning merupakan suatu kegiatan belajar yang pada prosesnya didukung oleh peranan sistem perangkat elektronik dalam menyajikan isi atau konten pelajaran. Sistem pengelola e-learning disebut LMS (Learning Management System). Moodle adalah satu jenis LMS yang sering digunakan untuk menyelenggarakan kegiatan e-learning karena fiturnya yang memungkinkan peserta didik belajar secara personal tanpa dibatasi waktu dan tempat namun tetap terpantau oleh guru. Pembelajaran sejarah di MAN Malang 1 diketahui belum pernah menggunakan e-learning sedangkan fasilitas media elektronik yang tersedia sangat mencukupi dan mendukung untuk diselenggarakannya pembelajaran berbasis e-learning seperti ketersediaan laboratorium komputer dan sinyal Wi-Fi. Selain itu diketahui bahwa dalam mengajar guru sejarah di MAN Malang 1 masih terpusat pada pembahasan materi-materi pokok dan jarang menyajikan materi pengayaan. Tujuan penelitian ini adalah (1) menghasilkan produk media berupa website e-learning menggunakan basis Moodle sebagai salah satu wujud pemanfaatan fasilitas jaringan internet untuk digunakan dalam pembelajaran pada mata pelajaran Sejarah di kelas X IIS MAN Malang 1 (2) mengembangkan website e-learning yang berfungsi sebagai komplemen pembelajaran dalam bentuk kegiatan pengayaan pada mata pelajaran sejarah di kelas X IIS MAN Malang 1. Untuk mencapai tujuan penelitian digunakan model penelitian yang dikemukakan oleh Borg Gall sebagaimana diadaptasi oleh Sugiyono (2010) yang terdiri dari sepuluh langkah umum antara lain (1) Potensi dan Masalah (2) Pengumpulan Data (3) Desain Produk (4) Validasi Desain (5) Revisi Desain (6) Uji Coba Produk (7) Revisi Produk I (8) Uji Coba Pemakaian (9) Revisi Produk II (10) Produk Masal. Hasil penilaian validator media menunjukkan skor rata-rata dengan persentase sebesar 92%. Hasil penilaian validator materi menunjukkan skor rata-rata dengan persentase sebesar 84%. Validator media mengemukakan bahwa secara umum produk yang dikembangkan valid/memenuhi unsur kelayakan sistem media pembelajaran berbasis web dan dapat diujicobakan tanpa revisi. Sedangkan validator materi menganjurkan produk direvisi karena uraian materi di dalam produk yang dikembangkan belum disertai referensi yang jelas. Setelah dilakukan Revisi Desain hasil Uji Coba Produk menunjukkan skor rata-rata dengan persentase sebesar 82 00% dan hasil Uji Coba Pemakaian menunjukkan skor rata-rata dengan persentase sebesar 82 55%. Hasil keseluruhan Uji Coba Pemakaian mengalami peningkatan persentase rata-rata sebesar 0 55% dibandingkan dengan persentase rata-rata pada Uji Coba Produk. Hal tersebut menunjukkan kualitas produk yang diujicobakan semakin meningkat walaupun tidak terlalu signifikan. Simpulan penelitian pengembangan ini adalah (1) produk berupa website e-learning yang telah dikembangkan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran Sejarah di kelas X IIS MAN Malang 1 sebagai wujud pemanfaatan fasilitas jaringan internet yang tersedia (2) produk berupa website e-learning yang telah dikembangkan dapat difungsikan sebagai komplemen pembelajaran dalam kegiatan pengayaan mata pelajaran sejarah di kelas X IIS MAN Malang 1. Website e-learning yang telah dikembangkan ini dapat dimanfaatkan oleh semua pihak yang membutuhkan. Siswa dapat memanfaatkan website e-learning ini secara mandiri maupun dengan bimbingan guru di kelas. Untuk kegiatan diseminasi sebelumnya disarankan agar memerhatikan ketersediaan perangkat elektronik serta kualitas jaringan internet. Untuk pengembangan produk lebih lanjut disarankan agar selalu memperbarui versi database dan modul.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54817

Actions (login required)

View Item View Item