Penerapan strategi pembelajaran Two Stay Two Stray untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah kelas X-IIS 4 semester gasal 2014/2015 SMAN 1 Ngunut Tulungagung / Angga Nur Syuhaida - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan strategi pembelajaran Two Stay Two Stray untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah kelas X-IIS 4 semester gasal 2014/2015 SMAN 1 Ngunut Tulungagung / Angga Nur Syuhaida

Syuhaida, Angga Nur (2015) Penerapan strategi pembelajaran Two Stay Two Stray untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah kelas X-IIS 4 semester gasal 2014/2015 SMAN 1 Ngunut Tulungagung / Angga Nur Syuhaida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Syuhaida Angga Nur. 2015. Penerapan Strategi Pembelajaran Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Kerjasama dan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Sejarah Kelas X-IIS 4 Semester Gasal 2014/2015 SMAN 1 Ngunut Tulungagung. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Siti Malikah Towaf M.A Ph.D. (II) Aditya Nugroho Widiadi S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Kerjasama Hasil Belajar Two Stay Two Stray Berdasarkan hasil observasi awal di SMAN 1 Ngunut Tulungagung diperoleh informasi bahwa selama kegiatan pembelajaran sejarah kelas yang berlangsung di kelas X-IIS 4 banyak siswa yang kurang bekerjasama aktif dengan siswa lain ketika guru menyampaikan materi. Sikap ini ditunjukkan dengan dengan sedikitnya siswa yang bertanya berpendapat maupun mencatat point-point penting yang disampaikan guru. Disamping itu rata-rata nilai UTS kelas X-IIS 4 juga tergolong rendah yakni 40%. Hanya terdapat 12 siswa yang mendapat nilai 8805 75 (KKM) dari 30 siswa yang mengikuti tes. Rendahnya kerjasama dan hasil belajar yang diperoleh menyebabkan perlunya menerapkan metode pembelajaran yang dapat merangsang kerjasama dan meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk itu peneliti menerapkan metode pembelajaran two stay two stray. Rumusan masalah yang diambil dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana keterlaksanaan pembelajaran dengan penerapan strategi two stay two stray di kelas X IIS-4 SMAN 1 Ngunut (2) bagaimana meningkatkan kerjasama siswa kelas X IIS-4 SMAN 1 Ngunut dengan penerapan strategi two stay two stray (3) bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IIS-4 SMAN1 Ngunut dengan penerapan strategi two stay two stray. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas X IIS-4 SMAN 1 Ngunut Tulungagung dengan menerapkan strategi pembelajaran two stay two stray. Pelaksanaan tindakan dalam penelitian ini dilakukan dalam dua siklus untuk mencapai taraf keberhasilan tindakan. Subjek penelitian yaitu siswa kelas X IIS-4 SMAN 1 Ngunut dengan jumlah 30 siswa. Data dalam penelitian ini adalah data kerjasama siswa dan data hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan penerapan strategi pembelajaran sejarah menggunakan two stay two stray dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai kerjasama sebesar 27 93% dari siklus I yaitu 41 6 % menjadi 69 53% di siklus 2. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa nilai hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 72 6 % dan meningkat menjadi 79 2% pada siklus 2. Peningkatan hasil belajar sebesar 6 6%. Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian adalah (1) kepada guru dapat menerapkan strategi pembelajaran two stay two stray dalam kegiatan pembelajaran di kelas untuk untuk meningkatkan aspek kerjasama dan aspek hasil belajar siswa (2) kepada siswa dapat menggunakan strategi pembelajaran two stay two stray untuk lebih memahami dan menguasai materi pelajaran. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54812

Actions (login required)

View Item View Item