Motivasi santri baru tahun ajaran 2014/2015 memilih Madrasah Diniyah Salafiyah Mamba'ul Hikam di Kelurahan Botoran Kabupaten Tulungagung sebagai tempat pembelajaran agama Islam / Maria Ulfa Fitriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Motivasi santri baru tahun ajaran 2014/2015 memilih Madrasah Diniyah Salafiyah Mamba'ul Hikam di Kelurahan Botoran Kabupaten Tulungagung sebagai tempat pembelajaran agama Islam / Maria Ulfa Fitriani

Fitriani, Maria Ulfa (2015) Motivasi santri baru tahun ajaran 2014/2015 memilih Madrasah Diniyah Salafiyah Mamba'ul Hikam di Kelurahan Botoran Kabupaten Tulungagung sebagai tempat pembelajaran agama Islam / Maria Ulfa Fitriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fitriani Maria Ulfa. 2015. Motivasi Santri Baru Tahun Ajaran 2014/2015 Memilih Madrasah Diniyah Salafiyah Mamba ul Hikam Di Kelurahan Botoran Kabupaten Tulungagung Sebagai Tempat Pembelajaran Agama Islam. Skripsi. Jurusan Sejarah. Fakultas Ilmu Sosial. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Siti Malikhah Towaf MA. Ph.D (2) Dra. Yuliati M.Hum. Kata Kunci Motivasi Santri Memilih Madrasah Diniyah Mamba ul Hikam Botoran Seiring dengan pekembangan pendidikan agama Islam banyak lembaga pemerintah maupun swasta membuka pengajaran agama Islam sekaligus dengan pelajaran umum didalamnya. Hal ini dianggap lebih efisien sehingga siswa telah mendapatkan bekal agama di sekolah formal. Akantetapi Madrasah MMH tetap konsisten dengan konsep Madrasah Diniyah yang hanya mengajarkan kitab klasik agama Islam sejak tahun 1960 dan masih mendapatkan kepercayaan oleh masyarakat Kabupaten Tulungagung. Terlebih lagi madrasah ini merupakan satu-satunya madrasah diniyah percontohan se-Kabupaten Tulungagung. Tingginya motivasi santri yang menginginkan belajar pada Madrasah MMH dapat dilihat dari jumlah santrinya yaitu sebanyak 1242 santri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) mendeskripsikan sejarah perkembangan Madrasah Diniyah Salafiyah Mamba ul Hikam di Kelurahan Botoran Tulungagung (2) mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan pada Madrasah Diniyah Salafiyah Mamba ul Hikam Botoran Tulungagung (3) mendeskripsikan motivasi santri menjadi murid pada Madrasah Diniyah Salafiyah Mamba ul Hikam Botoran Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dan kajian dokumen. Objek penelitian adalah santri Madrasah Diniyah Salafiyah Mamba ul Hikam kelas 1A Wustho sampai 1D Wustho tahun ajaran 2014/2015. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data sebelum di lapangan dan analisis selama di lapangan yang terdiri dari reduksi data penyajian data (display data) dan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa Madrasah Diniyah Salafiyah Mamba ul Hikam didirikan pada tahun 1960. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum lokal dengan sistem klasikal. Sistem evaluasi yang diterapkan secara keseluruhan melalui 2 tahap yaitu tes harian dan tes semester yang dilaporkan dalam bentuk rapot. Madrasah diniyah ini juga menyelenggarakan wisuda bagi santri yang telah selesai menempuh pendidikan agama Islam. Pada setiap harinya santri hanya mempelajari 1 mata pelajaran yang dimulai pada pukul 16.00-17.00 untuk santri ulla dan pukul 19.00-20.00 untuk santri wustho dan ulya. Motivasi santri memilih Madrasah Diniyah Salafiyah Mamba ul Hikam digolongkan menjadi 2 yang pertama dipengaruhi oleh faktor intrinsik yaitu ingin mendalami ilmu agama Islam karena kebutuhan diri sendiri dan kerena adanya perubahan sifat setelah belajar agama Islam. Kedua dipengaruhi faktor ekstrinsik yaitu dekat dengan rumah mutu pendidikan dorongan dari orang tua ajakan dari teman saran dari guru saran dari saudara sebagai pendamping pendidikan agama Islam di sekolah umum. Kendala yang dihadapi adalah kondisi kelas yang tidak kondusif kesulitan memahami pelajaran cuaca yang tidak menentu jauhnya jarak rumah dengan madrasah karena sulit membagi waktu. Saran untuk penelitian selanjutnya dapat mengembangkan penulisan dan mengkaji lebih dalam mengenai Madrasah Diniyah Salafiyah Mamba ul Hikam dengan tema yang berbeda seperti sejarah perkembangan madrasah secara lebih mendalam peran madrasah dalam kontribusinya mengajarkan pendidikan agama Islam di Desa Botoran dan lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54804

Actions (login required)

View Item View Item