Pengembangan buku saku pada pembelajaran Bahasa Inggris untuk siswa kelas 3 di SDN Karangwidoro 2 Dau Malang / Ajeng Fidiah Irianingrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku saku pada pembelajaran Bahasa Inggris untuk siswa kelas 3 di SDN Karangwidoro 2 Dau Malang / Ajeng Fidiah Irianingrum

Irianingrum, Ajeng Fidiah (2015) Pengembangan buku saku pada pembelajaran Bahasa Inggris untuk siswa kelas 3 di SDN Karangwidoro 2 Dau Malang / Ajeng Fidiah Irianingrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Irianingrum Ajeng Fidiah. 2015. Pengembangan Buku Saku Pada Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Siswa Kelas 3 di SDN Karang Widoro 2 Dau Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sihkabuden M.Pd (II) Arafah Husna S.Pd M.Med.Kom. Kata Kunci Pengembangan Buku Saku Bahasa Inggris SD SDN Karang Widoro 2 Dau Malang dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran bahasa Inggris sumber belajar yang digunakan adalah LKS dan buku paket. Guru memberikan informasi berdasarkan dari buku LKS dan buku paket yang digunakan belum menggunakan variasi media pembelajaran. Dari metode pembelajaran dan media yang digunakan oleh guru ketika pembelajaran bahasa Inggris muncul masalah ketika guru melakukan tanya jawab siswa sering lupa dengan arti dari suatu istilah (kosakata) yang ada pada pokok bahasan yang sudah dipelajarinya. Padahal dalam pembelajaran bahasa Inggris kelas 3 SD ditargetkan menguasai 300 perbendaharaan kata yang harus diketahui untuk kelancaran dalam belajar bahasa Inggris. Buku saku bahasa Inggris adalah buku berukuran kecil yang dapat disimpan dalam saku dan mudah dibawa kemana-mana yang di dalamnya memuat/ merangkum materi-materi serta istilah- istilah dalam bahasa Inggris yang disertai dengan maknanya. Buku saku bahasa Inggris dapat dijadikan solusi untuk permasalahan yang terjadi diatas. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan media pembelajarannya buku saku bahasa Inggris di SDN Karang Widoro 2 Dau Malang yang valid dan efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris. Dengan adanya media buku saku ini diharapkan dapat membantu siswa dalam belajar bahasa Inggris. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode Research Development (R D) yang dikembangkan oleh Borg Gall. Dalam model pengembangan tersebut terdapat tujuh langkah yaitu (1) Potensi dan masalah (2) Perencanaan penelitian (3) Pengembangan produk (4) Uji coba lapangan terbatas (5) Revisi hasil uji lapangan terbatas (6) Uji lapangan lebih luas (7) revisi hasil uji kelayakan. Hasil pengembangan buku saku bahasa Inggris ini memenuhi kriteria valid dengan hasil validasi ahli media (91 25%) ahli materi (90%) dan hasil angket dari siswa (87 67%). Buku saku ini dinyatakan efektif karena pada uji coba melalui tes hasil belajar dengan 15 siswa yang menggunakan buku saku tersebut terdapat 14 siswa yang mendapatkan nilai tes hasil belajarnya mencapai diatas KKM dan 1 siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM dengan total nilai presentase sebesar 93 3%. Berdasarkan hasil pengembangan buku saku bahasa Inggris kelas 3 di SDN Karang Widoro 2 Dau Malang dapat disimpulkan bahwa buku saku ini valid dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/548

Actions (login required)

View Item View Item