Penerapan concept mapping untuk meningkatkan hasil belajar pada matapelajaran sejarah kelas X IIS 2 SMA Negeri 1 Sumberpucung, Malang / Eka Dian Susanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan concept mapping untuk meningkatkan hasil belajar pada matapelajaran sejarah kelas X IIS 2 SMA Negeri 1 Sumberpucung, Malang / Eka Dian Susanti

Susanti, Eka Dian (2015) Penerapan concept mapping untuk meningkatkan hasil belajar pada matapelajaran sejarah kelas X IIS 2 SMA Negeri 1 Sumberpucung, Malang / Eka Dian Susanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Susanti Eka Dian. 2015. Penerapan Concept Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matapelajaran Sejarah Kelas X IIS 2 SMA Negeri 1 Sumberpucung Malang.Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. I Wayan Legawa M.Si. Kata kunci concept mapping hasil belajar siswa Dalam proses belajar mengajar agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik maka seorang pendidik harus melakukan inovasi dan improvisasi dalam pembelajaran. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran serta kondisi sekolah. Concept mapping merupakan model pembelajaran yang dapat diterapkan disekolah- sekolah. Concept mapping adalah model pembelajaran yang diterapkan siswa untuk memahami materi secara mendalam sehingga tidak terpaku pada hafalan. Bagi guru concept mapping dapat memudahkan guru untuk mengetahui sejauh mana siswa memahami materi yang sedang dipelajari. Bagi siswa concept mapping dapat mempermudah siswa dalam belajar karena siswa tidak terpaku pada hafalan. Concept mapping mempermudah siswa untuk memahami konsep atau kata kunci sehingga mudah diingat. Tujuan dari concept mapping ialah menyelidiki apa yang telah diketahui siswa belajar bermakna mengungkapkan konsepsi yang salah pada siswa dan sebagai alat evaluasi. Concept mapping dapat diterapkan secara berkelompok maupun individu. Hal tersebut bertujuan untuk membuat siswa aktif. Hasil belajar siswa digunakan untuk mengetahui tercapainya suatu tujuan pembelajaran. Hasil belajar siswa dapat dijadikan acuan tingkat keberhasilan sebuah model pembelajaran. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Penerapan Concept mappingdalam Matapelajaran Sejarah Kelas X IIS 2 di SMA Negeri 1 Sumberpucung Malang (2) Apakah Penerapan Concept Mapping Dapat Meningkatkan Hasil Belajar pada Matapelajaran Sejarah Kelas X IIS 2 di SMA Negeri 1 Sumberpucung Malang Sedangkan tujuan penelitian adalah (1) Mendeskribsikan Penerapan Concept Mapping pada Matapelajaran Sejarah Kelas X IIS 2 di SMA Negeri 1 Sumberpucung Malang (2) Menganalisis Penerapan Concept Mappingdapat meningkatkan hasil belajar pada Matapelajaran Sejarah Kelas X IIS 2 di SMAN 1 Sumberpucung Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. 1 siklus terdiri atas 3 pertemuan. Pada penelitian ini diterapkan model pembelajaran concept mapping. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi pada saat pembelajaran berlangsung lembar ketercapaian RPP tes siklus I dan siklus II dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penerapan concept mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada hasil tes siklus 1 dari 28 siswa kelas X IIS 2 terdapat 20siswa yang tuntas belajarnya sedangkan 8 siswa tidak tuntas. Presentase ketuntasan siswa ialah 71 42% sedangkan yang belum tuntas ialah 28 57%. Pada siklus II jumlah siswa yang telah tuntas berjumlah 25 siswa sedangkan siswa yang belum tuntas berjumlah 3 siswa. Presentase siswa yang telah tuntas adalah 89 28% sedangkan presentase yang belum tuntas adalah 10 71 %. Berdasarkan pada hasil belajar tersebut dapat disimpulkan hasil belajarnya meningkat 17 86 % dari 71 42% menjadi 89 28% sedangkan siswa yang belum tuntas berkurang dari presentase 28 57% menjadi 10 71 %. Berdasarkan hasil penelitian ini saran ditujukan kepada (1) guru guru tidak hanya menggunakan metode ceramah akan tetapi dapat menerapkan model pembelajaran yang lebih bervariatif (2) Siswa Siswa dapat menerapakan concept mapping ketika belajar karena concept mapping tidak hanya terpaku di kelas (3) peneliti hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan dalam penelitian selanjutnya mengenai concept mapping. Dalam penerapan selanjutnya guru dapat membuat concept mapping agar dapat digunakan sebagai perbandingan antara hasil yang telah dibuat siswa dengan yang dibuat guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54798

Actions (login required)

View Item View Item