Dampak revitalisasi Pasar Baru Comboran Malang terhadap pedagang dan pembeli / Taufik Nurahman - Repositori Universitas Negeri Malang

Dampak revitalisasi Pasar Baru Comboran Malang terhadap pedagang dan pembeli / Taufik Nurahman

Nurahman, Taufik (2015) Dampak revitalisasi Pasar Baru Comboran Malang terhadap pedagang dan pembeli / Taufik Nurahman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nurahman Taufik. 2014. Dampak Revitalisasi Pasar Baru Comboran Malang Terhadap Pedagang Dan Pembeli. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Waskito S.Sos M.Hum. Pembimbing (II) Dr. Abd. Latif Bustami M.Si. Kata Kunci Revitalisasi Comboran Nilai Pendidikannya. Latar belakang Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak revitalisasi Pasar Baru Comboran terhadap pedagang dan pembeli. Penelitian ini memiliki tiga rumusan masalah yang akan dikaji yaitu (1) Bagaimana sejarah Pasar Baru Comboran Malang sebelum direvitalisasi (2) Bagaimana pelaksanaan revitalisasi Pasar Baru Comboran Malang berlangsung (3) Bagaimana dampak revitalisasi Pasar Baru Comboran Malang terhadap pedagang dan pembeli. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan (1) Mengetahui sejarah Pasar Baru Comboran Malang sebelum direvitalisasi (2) Mendeskripsikan pelaksanaan revitalisasi Pasar Comboran Malang (3) Mengetahui dampak revitalisasi Pasar Baru Comboran Malang terhadap pedagang dan pembeli. Penulis dalam penelitian ini mengguanakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitaitif. Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dan observasi. Sedangkan data sekunder dipilih dengan dasar bahwa data tersebut berguna dan menunjang bagi tercapainya tujuan penulisan ini. Berdasarkan penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa karena tidak berlakunya sistem pasar secara baik maka pendapatan para pedagang di Pasar Comboran Baru Kota Malang banyak yang mengalami penurunan. Untuk mengantisipasi kebutuhan yang terus bertambah maka pedagang banyak yang mengupayakan pekerjaan sampingan yang dikerjakan oleh suami/istri atau anak mereka. Kantor Pasar Comboran Barat menyadari bahwa pendapatan pedagang menurun dan banyak yang gulung tikar setelah pasar direvitalisasi sehingga tidak terlalu menuntut pedagang untuk membayar restribusi bulanan tepat waktu. Kesimpulan yang lain yang diperoleh adalah pendidikan dalam dunia nyata tersebut terlihat jelas di pasar tradisional. Apabila dimaknai luas pasar tradisional dapat dijadikan sebagai mekanisme yang dapat menata kepentingan pihak pembeli terhadap pihak penjual disinilah akan muncul suatu sikap saling peduli antara pembeli dan penjual. Mekanisme tersebut yaitu para pelaku seperti pembeli dan penjual barang/jasa yang diperjual belikan aturan main yang tertulis maupun tidak tertulis yang disepakati oleh para pelakunya (pembeli dan penjual) serta regulasi pemerintah yang saling terkait berinteraksi dan secara serentak bergerak bagaikan suatu mesin yang menjadi satu kesatuan. Disinilah terjadi konsep pendidikan menurut Carter V. Good yaitu pasar tradisional menjadi lingkungan terpimpin sebagai penumbuh kecakapan sosial dan pengembang kepribadian para pelakunya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54792

Actions (login required)

View Item View Item