Implementasi kurikulum 2013 oleh guru mata pelajaran sejarah: studi kasus di SMA Negeri 1 Lawang / Yuli Putra Wibawa - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi kurikulum 2013 oleh guru mata pelajaran sejarah: studi kasus di SMA Negeri 1 Lawang / Yuli Putra Wibawa

Wibawa, Yuli Putra (2015) Implementasi kurikulum 2013 oleh guru mata pelajaran sejarah: studi kasus di SMA Negeri 1 Lawang / Yuli Putra Wibawa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wibawa Yuli Putra. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 oleh Guru Mata Pelajaran Sejarah Studi Kasus di SMA Negeri 1 Lawang. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. R. Reza Hudiyanto. M.Hum (II) Aditya Nugroho Widiadi S.Pd. M.Pd. Kata Kunci implementasi guru sejarah Kurikulum 2013. Implementasi Kurikulum 2013 yang baru diterapkan pada pendidikan di Indonesia mulai bulan Juli 2013 tidak langsung membawa perubahan yang signifikan. Hal ini dikarenakan sebagai kurikulum yang relatif baru Kurikulum 2013 menghadapi berbagai masalah dan alasan utama adalah guru masih belum familiar dengan Kurikulum 2013. Seperti di SMA Negeri 1 Lawang masih terdapat guru-guru yang mengalami kesulitan dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013. Pentingnya mengetahui implementasi Kurikulum 2013 karena guru merupakan ujung tombak yang berperan penting untuk mensukseskan Kurikulum 2013 dalam rangka menanamkan pendidikan karakter terhadap peserta didik. Oleh karena itu berbagai cara dalam implementasidilakukan oleh guru dapat menjadikan sebuah bahan diskusi dan perbaikan agar implementasi Kurikulum 2013 kedepannya dapat dilakukan secara maksimal. Secara keseluruhan di SMA Negeri 1 Lawang terdapat fasilitas-fasilitas yang mendukung diterapkannya Kurikulum 2013. Penelitian ini memiliki dua rumusan masalah yang akan dikaji yaitu (1) Bagaimana implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Lawang (2)Apa saja faktor pendukung dan penghambat pengimplementasian Kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Lawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Subyek penelitiannya adalah guru mata pelajaran di SMAN 1 Lawang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model Miles dan Huberman analisis data dilakukan dengan tahapan sebagai berikut (1) reduksi data (2) penyajian data (3) penarikan kesimpulan. Supaya mendapatkan data yang akurat peneliti melakukan pengecekan keabsahan data dengan cara peneliti melakukan kredibilitas transferabilitas dependabilitas dan konfirmabilitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Dalam implementasi Kurikulum 2013 pada pembelajaran sejarah guru menggunakan pendekatan saintifik yaitu dengan mengarahkan peserta didik untuk mengamati menanya mengumpulkan data menganalisis dan mengkomunikasikan (5 M). Supaya dapat menggerakkan peserta didik agar bisa 5 M guru memfasilitasi peserta didik untuk berdiskusi secara kelompok dan mengkomunikasikan hasil diskusi tersebut kepada kelompok lain (2) terdapat faktor pendukung implementasi Kurikulum 2013 diantaranya adalah fasilitas sekolah berupa LCD Proyektor wifi perpustakaan dan terdapat juga faktor penghambat diantaranya guru mengalami kesulitan dalam menyusun RPP dan guru mengalami kesulitan dalampenilaian hasil belajar yang terlalu banyak serta guru subyek yang tidak bisa menggunakan media pembelajaran dengan baik. Berdasarkan penelitian ini peneliti menyarankan (1) Dinas Pendidikan dan sekolah sebaiknya terus mengadakan pelatihan Kurikulum 2013 secara berkala agar pengimplementasi Kurikulum 2013 lebih optimal (2) sekolah pada umumnya dan guru subyek pada khususnya diharapkan untuk terus menghidupkan motivasi terhadap Kurikulum 2013 sehingga dapat menerapkan Kurikulum 2013 secara optimal (3) peserta didik sebaiknya lebih diperhatikan dalam penggunaan media pembelajaran (4) pemerintah menunda atau membatalkan Kurikulum 2013 karena tidak dikehendaki oleh guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54773

Actions (login required)

View Item View Item