Penerapan konsep Tut Wuri Handayani di Taman Madya Malang studi kasus dalam pembelajaran sejarah kelas XI pada semester genap 2013/2014 / Gigih Satrio Wicaksono - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan konsep Tut Wuri Handayani di Taman Madya Malang studi kasus dalam pembelajaran sejarah kelas XI pada semester genap 2013/2014 / Gigih Satrio Wicaksono

Wicaksono, Gigih Satrio (2015) Penerapan konsep Tut Wuri Handayani di Taman Madya Malang studi kasus dalam pembelajaran sejarah kelas XI pada semester genap 2013/2014 / Gigih Satrio Wicaksono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wicaksono G. S. 2014. Penarapan Konsep Tut Wuri Handayani di Taman Madya Malang Studi Kasus dalam Pembelajaran Sejarah Kelas XI pada Semester Genap 2013/2014. Skripsi Program Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Aditya Nugroho Widiadi S.Pd. M.Pd. (II) Dra. Yuliati M. Hum. Kata Kunci Tut Wuri Handayani SMA Taman Madya Malang Pembelajaran Sejarah Tut Wuri Handayani adalah simbol dan lambang pendidikan di Indonesia. Pentingnya konsep Tut Wuri Handayani ternyata tidak diimbangi dengan penerapannya dan tidak sesuai dengan yang diharapkan Ki Hajar Dewantara. Guru mempunyai peran yang sangat penting dalam Tut Wuri Handayani bukan hanya sebagai pengajar tetapi lebih sebagai pendidik. Guru diharapkan utuh dalam pelaksanaan pembelajarannya yaitu sebagai teladan sebagai pendorong dan sebagai pendukung. Dengan konsep Tut Wuri Handayani tersebut anak diberi kebebasan penuh baik jiwa dan raganya supaya dapat menemukan kodrat alamnya sendiri. Banyaknya permasalahan tentang pelaksanaan konsepTut Wuri Handayani penulis ingin mengetahui dan menggali kembali bagaimana Tut Wuri Handayani yang sebenarnya dengan melakukan penelitian ke sekolah yang didirikan oleh Ki Hajar Dewantara yaitu Taman Madya Malang. Penelitian di Taman Madya Malang ini berusaha untuk mengetahui kesesuaian antara teori Tut Wuri Handayani dengan pemahaman para pamong di Taman Madya Malang dan pelaksanaannya dalam pembelajaran sejarah. Mengacu pada permasalahan penelitian di atas dapat ditarik rumusan masalah sebagai berikut 1). Bagaimana sejarah dan profil Taman Madya Malang 2). Bagaimana pemahaman pamong tentang konsep Tut Wuri Handayani di Taman Madya Malang 3). Bagaimana penerapan konsep Tut Wuri Handayani oleh pamong di Taman Madya Malang dalam pembelajaran sejarah . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data penelitiannya adalah kepala sekolah dan para pamong di Taman Madya Malang dengan mengambil data dari kata-kata dan tindakan para pamong. Pengumpulan data yang dilakukan peneliti dengan cara pengamatan wawancara serta penggunaan dokumen dan foto selama kegiatan penelitian di Taman Madya Malang. Analisis data penelitian ini menggunakan model interaktif yang terdiri dari tahapan reduksi display dan konklusi. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh dua kesimpulan hasil penelitian. Pertama menurut pemahaman para pamong di Taman Madya Malang Tut Wuri Handayani adalah penerapan dari Sistem Among. Sistem Among pada dasarnya adalah menempatkan pendidikan sebagai proses menuntun anak (ngemong) seperti hubungan orang tua dan anak dalam keluarga. Mendidik anak didik dengan konsep Tut Wuri Handayani adalah memberi kebebasan kepada anak supaya dapat menemukan kodratnya sendiri. Pemberian kebebasan juga harus dibekali cipta rasa dan karsa supaya anak mempunyai kematangan pada jiwanya. Hasil dari pelaksanaan konsep Tut Wuri Handayani diharapkan anak dengan sendirinya menjadi mandiri dan disiplin. Kedua penerapan konsep Tut Wuri Handayani oleh pamong sejarah di Taman Madya Malang diwujudkan dalam bentuk pemberian kebebasan kepada anak didik dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Pemberian kebebasan tersebut bertujuan supaya anak belajar sendiri dari sumber-sumber pelajaran sejarah. Selain itu anak juga dibekali cipta rasa dan karsa sehingga tanpa disadari anak didik yang sudah dibekali dengan cipta rasa dan karsa serta pemandirian dengan Tut Wuri Handayani menjadikan anak disiplin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54771

Actions (login required)

View Item View Item