Kontribusi organisasi Muhammadiyah dalam bidang pendidikan dan sosial di Ponorogo pada tahun 1925-1998 / Fitha Fadhil Alhasan

Alhasan, Fitha Fadhil (2015) Kontribusi organisasi Muhammadiyah dalam bidang pendidikan dan sosial di Ponorogo pada tahun 1925-1998 / Fitha Fadhil Alhasan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fadhil, Fithra. 2014. Kontribusi Organisasi Muhammadiyah Dalam Bidang Pendidikan dan Sosial di Ponorogo Pada Tahun 1925-1998. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ari Sapto M.Hum, (II) Drs. Dewa Agung Gede Agung, M.Hum. Kata Kunci: Muhammadiyah, Bidang Pendidikan, Ponorogo          Muhammadiyah sebagai salah satu gerakan yang peduli terhadap masalah pendidikan di Indonesia, juga menyebarkan semangat perjuangannya di berbagai daerah di Indonesia. Salah satu daerah yang menjadi daerah penyebaran di Indonesia yaitu Kabupaten Ponorogo. Hal ini karena adanya semangat perjuangan dari rakyat Ponorogo untuk berorganisasi.     Rumusan masalah pada penelitian ini antara lain, (1) Bagaimana latar belakang berdirinya Organisasi Muhammadiyah di Ponorogo? (2) Bagaimana kontribusi Organisasi Muhammadiyah dalam bidang pendidikan di Ponorogo pada tahun 1925-1998? (3) Apa kontribusi Organisasi Muhammadiyah terhadap masyarakat Ponorogo pada tahun 1925-1998?     Penelitian ini menggunakan metode historis, dengan tahap pemilihan topik, pengumpulan sumber, kritik, interpretasi, dan historiografi.     Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Organisasi Muhammadiyah Ponorogo berdiri karena keinginan masyarakat yang sadar akan kepentingan berorganisasi untuk berbenah dalam memperbaiki kondisi yang pada saat itu berada dalam pemerintahan Kolonial Belanda. Muhammadiyah Ponorogo berdiri pada 22 Februari 1922 setelah diusulkan ke Pimpinan Pusat Muhammadiyah di Yogyakarta, dan diberikan surat pengesahan berdirinya Ranting Muhammadiyah Ponorogo, (2) Kontribusi Organisasi Muhammadiyah dalam pendidikan diwujudkan melalui pendirian sekolah-sekolah pada masa itu. Selain itu, membentuk kader-kader yang fungsinya untuk mencetak para intelektual Islam modern, sekaligus dibimbing untuk kesejahteraan masyarakat yang disebut dengan Ortom (Organisasi Otonom), (3) Kegiatan yang dilakukan Organisasi Muhammadiyah Ponorogo tidak terlepas dari kegiatan PKU (Pembina Kesejahteraan Umat) yang bertujuan menyejahterakan masyarakat. PKU merupakan lembaga yang mengatur mekanisme pengelolaan amal usaha Muhammadiyah. Hal yang dilakukan Muhammadiyah Ponorogo untuk menyejahterakan masyarakat dalam bidang sosial, antara lain mendirikan sekolah-sekolah, memberi pertolongan kepada fakir miskin, dan memberikan santunan kepada anak-anak yatim piatu.     Penelitian ini menyimpulkan bahwa kontribusi Organisasi Muhammadiyah Ponorogo dalam bidang pendidikan diwujudkan dengan mendirikan sekolah dan membentuk Organisasi Otonom (Ortom). Kemudian dalam bidang sosial diwujudkan dengan memberikan pertolongan kepada fakir miskin, memberikan santunan kepada anak-anak yatim piatu, dan mendirikan rumah sakit. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar penelitian selanjutnya untuk meneliti tentang peranan majelis-majelis dalam Organisasi Muhammadiyah terhadap bidang sosial dan pendidikan, khususnya di Ponorogo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54762

Actions (login required)

View Item View Item