Penerapan metode pembelajaran debat aktif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di SMAN 1 Mojosari kelas XI IPS 1 / Andy Candra Lesmana Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran debat aktif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di SMAN 1 Mojosari kelas XI IPS 1 / Andy Candra Lesmana Putra

Putra, Andy Candra Lesmana (2015) Penerapan metode pembelajaran debat aktif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di SMAN 1 Mojosari kelas XI IPS 1 / Andy Candra Lesmana Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Candra Andy L.P 2014. Penggunaan Metode Pembelajaran Debat Aktif untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di SMAN I Mojosari Kelas XI IPS 1. Skripsi Jurusan Sejarah Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. G.M. Sukamto M.Pd. M.Si (II) Drs. Mashuri M.hum. Kata Kunci Metode debat aktif motivasi hasil belajar. Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Mojosari (SMAN I Mojosari) merupakan salah satu lembaga pendidikan menengah atas yang cukup favorit di kabupaten Mojokerto. Sekolah ini termasuk dalam Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) pada tahun 2012 dalam proses pembelajaran sekolah ini telah menggunakan alat-alat teknologi canggih seperti Liquid Crystal Display (LCD). Namun hasil lembar observasi pada tanggal 27 Januari dan 3 Februari 2014 di SMAN I Mojosari menunjukkan bahwa proses pembelajaran siswa mata pelajaran sejarah masih berpusat pada guru (teacher centered) hasil wawancara menunjukkan bahwa siswa masih kurang aktif dan merasa kesulitan dalam memahami materi pelajaran Sejarah dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Kurangnya motivasi siswa dalam belajar dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Fakta ini dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang tuntas kurang dari 50%. Upaya untuk menjawab permasalahan tersebut dilakukan penelitian tentang motivasi dan hasil belajar sejarah melalui penggunaan metode debat aktif pada siswa dengan rumusan masalah sebagai berikut 1) bagaimanakah penerapan metode debat aktif dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 SMAN1 Mojosari. 2) bagaimanakah hasil motivasi dan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode debat aktif di kelas XI IPS 1 SMAN I Mojosari. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 SMAN I Mojosari yang berjumlah 33 siswa terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Data dalam penelitian ini berupa motivasi dan hasil belajar siswa serta data pendukung berupa dokumentasi. Motivasi belajar siswa meliputi 4 aspek yakni attention relevance confidence dan satisfaction. Data motivasi terdiri dari motivasi belajar setiap indikator dan motivasi belajar keseluruhan. Penilaian hasil belajar siswa diukur melalui pre-test dan post-test yang dilakukan pada setiap siklus. Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal tes dan lembar observasi motivasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode debat aktif dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS 1 SMAN I Mojosari. Keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru maupun siswa pada siklus I sebesar 83 33% dan pada siklus II menjadi 100%. Hasil belajar siswa ditunjukkan dengan adanya peningkatan presentase motivasi belajar siswa dan taraf keberhasilan tindakan dari siklus I sebesar 71 21% menjadi 80 30% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa dapat diketahui dari presentase ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 75 67% meningkat menjadi 87 90% pada siklus II. Saran peneliti setelah diterapkannya metode debat aktif ini bagi guru bidang studi sejarah SMAN 1 Mojosari agar dapat mempertimbangkan metode debat ini sebagai suatu alternatif dalam memberikan variasi penyampaian materi di kelas. Selain itu peneliti lain disarankan mengkaji mengenai metode debat aktif dengan menggunakan instrument motivasi dengan teori-teori yang baru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54760

Actions (login required)

View Item View Item