Penerapan pendekatan konstruktivistik untuk meningkatkan perbaikan, proses dan hasil belajar sejarah dengan model jigsaw kelas X-8 IPS MAN Malang II Batu tahun ajaran 2014/1015 / Moh. Sofi Sufyan - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan konstruktivistik untuk meningkatkan perbaikan, proses dan hasil belajar sejarah dengan model jigsaw kelas X-8 IPS MAN Malang II Batu tahun ajaran 2014/1015 / Moh. Sofi Sufyan

Sufyan, Moh. Sofi (2015) Penerapan pendekatan konstruktivistik untuk meningkatkan perbaikan, proses dan hasil belajar sejarah dengan model jigsaw kelas X-8 IPS MAN Malang II Batu tahun ajaran 2014/1015 / Moh. Sofi Sufyan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sofyan Sufyan. 2014 Penerapan Pendekatan Konstruktivistik Model Jigsaw Kelas X 8 IPS MAN Malang II Batu. Skripsi Jurusan S1 Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Nur Hadi M. Pd. M. Hum.(II) Drs. Mashuri M. Hum. Kata Kunci Penerapan Pendekatan Konstruktivistik Meningkatkan Hasil Belajar MAN Malang II Batu. MAN Malang II Batu berdiri pada tahun 1970. Sekolah ini adalah sekolah yang berbasis agama. Observasi awal 4 Agustus 2014 dalam pembelajaran di kelas X 8 IPS terlihat kondisi kelas kurang stabil. Maksud dari kondisi kelas kurang stabil adalah ketika proses pembelajaran suasana kelas rame dan tidak kondusif dengan kondisi seperti itu sehingga diperlukan PTK.Yang menjadi fokus penelitian ini adalah(1) Penerapan pendekatan konstruktivistik model jigsaw untuk pembelajaran sejarah di kelas X 8 IPS MAN Malang II Batu.(2) Pendekatan konstruktivistik dapat memperbaiki proses pembelajaran sejarah siswa di kelas X 8 IPS MAN Malang II Batu.(3) Pendekatan konstruktivistik dapat meningkatkan hasil pembelajar sejarah siswa di kelas X 8 IPS MAN Malang II Batu. Pendekatan penelitian menggunakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) Peneitian tindakan kelas ini dilakukan 2 siklus dalam 1 siklus 2 kali pertemuan.Penelitian kualitatif adalah penelitian untuk mengungkapkan suatu fenomena atau gejala dimana peneliti memerankan sebagai instrument pengumpul data.Temuan penelitian di MAN Malang II Batu khususnya di kelas X-IPS 8 dari hasil belajar siswa mengalami peningkatan hal ini di buktikan dengan tugas harian siswa dan hasil ulangan harian siswa bisa menjawab soal-soal yang di berikan oleh guru. Dari jumlah 28 siswa yang mendapat nilai KKM 20 siswa dan 8 siswa lainnya mendapat nilai diatas KKM. Di Bawah ini perincian hasil belajar siswa kelas X-8 IPS. Hasil penelitian tersebut diharapkan(1) Dapat menjadi bahan evaluasi guru sejarah di MAN Malang II Kota Batu.(2)Kepada peneliti selanjutnya apabila ingin melakukan penelitian yang sejenis dengan objek atau subjek yang berbeda skripsi ini bisa digunakan sebagai acuan dan perbandingan yang nantinya dapat dikembangkan lagi.(3)Bagi Pendidikan diharapkan dengan adanya hasil penelitian ini bisa menambah wawasan kepada para guru khususnya guru sejarah dalam memberikan materi tentang sejarah. Manfaat penelitian 1) Bagi siswa sebagai sarana untuk memudahkan dalam menerima dan memahami materi pembelajaran sejarah.2) Bagi guru dapat dijadikan masukan dalam mengenal model pembelajaran dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa di kelas X-8 IPS.3) Bagi peneliti dapat menambah wawasan dan pengalaman langsung dalam menerapkan proses pembelajaran melalui model jigsaw

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54759

Actions (login required)

View Item View Item