Peran bus sekolah dan nilai pendidikan di Kabupaten Tulungagung / Mohammad Faisal - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran bus sekolah dan nilai pendidikan di Kabupaten Tulungagung / Mohammad Faisal

Faisal, Mohammad (2014) Peran bus sekolah dan nilai pendidikan di Kabupaten Tulungagung / Mohammad Faisal. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Faisal Mohammad 2014. Peran Bus Sekolah dan Nilai Pendidikannya di Kabupaten Tulungagung. Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Marsudi M. Hum dan Dr. R. Reza Hudiyanto M.Hum. Kata Kunci Transportasi umum Bus Sekolah Kabupaten Tulungagung Transportasi yang khusus untuk melayani anak sekolah di Kabupaten Tulungagung sebelum tahun 2012 belum ada. Anak sekolah menggunakan sepeda motor diantar oleh orang tua dan naik Mobil Penumpang Umum (MPU). Kendala yang dialami siswa ketika menggunakan angkutan umum adalah mereka harus menunggu MPU tersebut ngetem lama. Kondisi MPU semakin memprihatinkan karena jumlahnya tiap tahun semakin berkurang. Berdasar latar belakang tersebut penelitian ini bertujuan untuk pertama mendeskripsikan tentang perkembangan transportasi di Kabupaten Tulungagung. Kedua mendeskripsikan tentang latar belakang adanya bus sekolah di Kabupaten Tulungagung. Ketiga mengetahui peran dan nilai pendidikan dari bus sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah. Penelitian ini diawali dengan pemilihan topik pengumpulan sumber kritik sumber interpretasi dan diakhiri dengan historiografi. Berdasar penelitian ini dapat diambil kesimpulan sebagai berikut. Pertama ada banyak jenis transportasi yang ada di Kabupaten Tulungagung seperti kereta api dan bus yang menghubungkan dengan berbagai daerah lain baik di wilayah Jawa Timur maupun juga di luar JawaTimur. Transportasi di dalam kota ada MPU yang menghubungkan antara desa dan kecamatan di Kabupaten Tulungagung. Kondisi MPU di Kabupaten Tulungagung semakin hari semakin memprihatinkan karena jumlahnya semakin berkurang karena semakin banyaknya sepeda motor. Tidak adanya peremajaan MPU membuat kondisinya semakin tidak terawat dengan baik. Kedua dengan semakin berkurangnya jumlah MPU dan tidak adanya angkutan khusus untuk anak sekolah kemudian ini yang dilihat oleh Bapak Syahri Mulyo yang maju menjadi calon Bupati Kabupaten Tulungagung untuk memasukkannya ke dalam point misinya yakni menyelenggarakan pendidikan yang murah. Setelah beliau terpilih menjadi bupati hal ini terealisasi. Ketiga keberadaan bus sekolah memiliki peranan yang penting bagi anak sekolah dalam menciptakan layanan transportasi khusus sekolah. Nilai pendidikan yang adadapat diambil dari bus sekolah antara lain nilai nilai religius nilai jujur nilai toleransi nilai disiplin nilai mandiri nilai bersahabat dan nilai tanggung jawab. Berdasarkan penelitian ini ada beberapa saran yakni untuk Pemerintah Kabupaten Tulungagung lebih memperhatikan MPU dan juga menambah jumlahnya. Untuk bus sekolah jumlahnya ditambah agar dapat mengangkut lebih banyak anak sekolah. Untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat membahas mengenai perkembangan transportasi MPU atau bus di KabupatenTulungagung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54751

Actions (login required)

View Item View Item