Komunitas punk: konstruksi identitas sosial punk di Malang Raya beserta muatan edukasinya / Panji Penatas - Repositori Universitas Negeri Malang

Komunitas punk: konstruksi identitas sosial punk di Malang Raya beserta muatan edukasinya / Panji Penatas

Penatas, Panji (2014) Komunitas punk: konstruksi identitas sosial punk di Malang Raya beserta muatan edukasinya / Panji Penatas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penatas Panji. 2014. Komunitas Punk Kontruksi Identitas Sosial Punk di Malang Raya Berserta Muatan Edukasinya.Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Nur Hadi M.Pd. M.Si. (II) Drs. Marsudi M.Hum Kata Kunci Pencarian jati diri. Komunitas Punk Malang Raya Alasan Peneliti untuk meneliti objek kajian Punk karena tertarik dengan pencarian jati diri anak-anak remaja melalui komunitas Punk baik dari gaya hidup berinteraksi antar sesama cara berpakaian dan aliran musik . Peneliti juga tertarik alasan mereka keluar dari rumah dan alasan-alasan lain yang membuat mereka turun ke jalan Penelitian ini memiliki tiga rumusan masalah yakni (1) bagaimana latar belakang munculnya komunitas Punk di Malang Raya (2) bagaimana kehidupan komunitas Punk di Malang Raya (3) bagaimana kontruksi identitas sosial Punk di Malang Raya Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif meliputi (1) kehadiran peneliti (2) lokasi penelitian (3) teknik pengumpulan data (4) analisis data (5) pengecekan keabsahan temuan. Data diperoleh dari informasi yang didapat dari wawancara dengan narasumber dan data dari kepustakaan Hasil penelitian ini adalah (1) latar belakang munculnya komunitas Punk di Malang Raya didasari oleh beberapa faktor broken home faktor ekonomi ajakan teman style dan fashion kemauan sendiri kebebasan yang ditawarkan komunitas Punk ketertarikan ideologi dan ketertarikan seni musik Punk. (2) kehidupan komunitas Punk di Malang Raya berdasarkan prinsip ideologi anti kapitalis pengaplikasian anggota Punk berdasarkan pada landasan ideologi yang mereka anut. (3) proses pencarian identitas sosial komunitas Punk yaitu pencarian jati diri dengan menunjukkan interaksi antar sesama anggota Punk baik dari kegiatannya serta pandangan masyarakat baik dari sisi positiv maupun negatif mengenai fenomena Punk di Malang Raya. Saran dalam penelitian ini adalah (1) bagi komunitas Punk diharapkan dapat memikirkan kembali tentang gaya hidup mereka karena tidak selamanya mereka tetap muda dan harus berfikir kedepan dengan mengembangkan potensi dan kemampuan.(2) untuk peneliti yang tertarik dengan komunitas Punk dapat mengkaji keterkaitan Punk dengan anarkhisme atau mendalami kehidupan anggota Punk yang sudah berkeluarga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54749

Actions (login required)

View Item View Item