Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking chips untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMAN 3 Malang kelas X IPS dalam mata pelajaran sejarah / Dinar Rizky Listyaputri - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking chips untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMAN 3 Malang kelas X IPS dalam mata pelajaran sejarah / Dinar Rizky Listyaputri

Listyaputri, Dinar Rizky (2014) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking chips untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMAN 3 Malang kelas X IPS dalam mata pelajaran sejarah / Dinar Rizky Listyaputri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Listyaputri Dinar Rizky. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chips untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMAN 3 Malang Kelas X IPS dalam Matapelajaran Sejarah. Skripsi. Jurusan Sejarah FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Wayan Legawa M. Si (II) Drs. Nur Hadi M. Pd M. Si Kata Kunci talking chips kemampuan berpikir kritis 12288 12288 12288 12288 Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang penting untuk dimiliki dan dikembangkan setiap siswa ketika mempelajari materi dalam pembelajaran Sejarah. Akan tetapi kemampuan tersebut belum dikembangkan siswa secara menyeluruh. Berdasarkan hasil pengamatan pra tindakan ditemukan data bahwa siswa yang membiasakan berpikir kritis hanya berkisar 30%. Siswa yang telah membiasakan berpikir kritis tersebut seringkali mendominasi jalannya diskusi sehingga siswa-siswa yang pasif acap kali tidak memiliki kesempatan untuk berpartisipasi atau enggan menggunakan kesempatan berpartisipasi dalam diskusi terlebih mengkritisi materi yang didiskusikan. Hal itu terjadi karena guru belum menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan keinginan dan perkembangan psikologi siswa. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa selama pembelajaran sejarah dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe talking chips dan mendeskripsikan sekaligus menganalisis pengaruh pembelajaran talking chips pada kemampuan berpikir kritis siswa. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas dengan langkah perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Selama penelitian peneliti bertindak sebagai guru. Penelitian dilaksanakan di kelas X IPS SMAN 3 Malang dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keaktifan guru lembar observasi kemampuan berpikir kritis siswa dan format catatan lapangan. Data yang didapatkan akan dianalisis dengan cara membandingkan nilai klasikal kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I dan siklus II. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran talking chips ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Pada pelaksanaan tindakan siklus I didapatkan data bahwa kemampuan berpikir kritis siswa mencapai 89 6. Sedangkan pada pelaksanaan tindakan siklus II kemampuan berpikir kritis siswa mencapai 91 6. Berdasarkan perhitungan dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan sebanyak 2 0. Siswa mengalami peningkatan dalam kemampuan berpikir kritis yang diukur dari kecakapan bertanya menjawab berpendapat dan memberikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka peneliti merekomendasikan agar model pembelajaran ini dapat diterapkan dalam pembelajaran sejarah agar siswa menjadi kritis dan aktif dalam diskusi sekaligus sebagai wadah untuk melatih psikososial siswa. Model pembelajaran ini juga dapat diterapkan dengan mengombinasikannya bersama materi matapelajaran Sejarah yang bersifat kontroversial sehingga daya kritis siswa lebih terpacu lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54748

Actions (login required)

View Item View Item