Penggunaan model pembelajaran picture and picture materi Perkembangan Kerajaan Islam di Jawa untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X IPS SMAN 3 Bojonegoro / Nurul Aini - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan model pembelajaran picture and picture materi Perkembangan Kerajaan Islam di Jawa untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X IPS SMAN 3 Bojonegoro / Nurul Aini

Aini, Nurul (2014) Penggunaan model pembelajaran picture and picture materi Perkembangan Kerajaan Islam di Jawa untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X IPS SMAN 3 Bojonegoro / Nurul Aini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Aini Nurul. 2014. Penggunaan Model Pembelajaran Picture and Picture Materi Perkembangan Kerajaan Islam di Jawa untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X IPS SMAN 3 Bojonegoro. Skripsi. Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I wayan Legawa M.Si. (II) Drs. Mashuri M. Hum. Kata Kunci Model pembelajaran picture and picture motivasi belajar Materi perkembangan Kerajaan Islam. 12288 12288 12288 Proses pembelajaran sejarah yang terlalu banyak materi tekstual membuat siswa merasa cepat bosan serta kurang aktif dalam proses pembelajaran seperti yang terjadi pada siswa SMAN 3 Bojonegoro siswa masih terlihat malas ketika belajar sejarah meskipun guru telah berusaha memberi tugas peneliti menawarkan model pembelajaran picture and picture untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. 12288 12288 12288 Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1). Bagaimana pelaksanaan pembelajaran menggunakan model picture and picture dengan materi Sejarah perkembangan Agama Islam di Jawa (2) Bagaimana motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture (3) Bagaimana pengaruh penggunaan model picture and picture terhadap motivasi belajar siswa . Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model picture and picture dengan materi Sejarah perkembangan Agama Islam di Jawa menganalisis tingkat motivasi siswa dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture dan menganalisis pengaruh penggunaan model picture and picture terhadap motivasi belajar siswa. 12288 12288 12288 Metode penelitian yang digunakan metode campuran kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu suatu studi sistematis terhadap praktik pembelajaran di kelas yang bertujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas dan hasil belajar. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS-3 SMA Negeri 3 Bojonegoro. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan Wawancara tidak terstruktur Lembar pengamatan aktivitas siswa dalam pembelajaran Lembar pengamatan aktivitas guru dalam pembelajaran Angket Dokumentasi. penelitian ini terdapat dua siklus dan tiap siklusnya dilakukan dengan tahapan sebagai berikut perencanaan pelaksanaan pengamatan/observasi dan refleksi. Untuk menjawab rumusan masalah pertama maka yang digunakan untuk analisis adalah lembar cacatan lapangan yang telah dilakukan observer untuk menjawab rumusan masalah yang kedua peneliti menggunakan lembar penilaian motivasi yang dinilai melalui empat aspek yaitu minat perhatian ketekunan dan konsentrasi sedangkan untuk rumusan masalah ketiga peneliti mengabungkan antara lembar cacatan lapangan beserta angket yang telah disebarkan pada pertemuan terakhir disiklus dua. 12288 12288 12288 Pelaksanaan penggunaan model pembelajaran picture and picture dilakukan dalam dua siklus. Berdasarkan analisis data hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi yang ditujukkan melalui aspek motivasi belajar siswa yaitu minat perhatian konsentrasi dan ketekunan. Pada siklus 1 persentase masing masing aspek 65% dan pada siklus 2 dengan rata-rata semua 73%. hal ini juga didukung dengan angket pada siklus akhir siklus 2 yaitu dengan menggunakan media gambar siswa menjadi termotivasi untuk belajar sejarah. 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian yang menunjukan adanya peningkatan terhadap motivasi belajar siswa disarankan agar guru juga untuk peneliti selajutnya menggunakan model pembelajaran picture and picture . Selain itu penelitian ini masih terdapat kekurangan dalam pelaksanaan maka perlu ada penyempurnaan untuk peneliti selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54737

Actions (login required)

View Item View Item