Pengembangan media pembelajaran e-modul sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 1 Srengat pada awal perkembangan Islam di Inodesia / Eka Triya Agustina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran e-modul sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 1 Srengat pada awal perkembangan Islam di Inodesia / Eka Triya Agustina

Agustina, Eka Triya (2014) Pengembangan media pembelajaran e-modul sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 1 Srengat pada awal perkembangan Islam di Inodesia / Eka Triya Agustina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Agustina Eka Triya. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran E-modul Sejarah Kelas XI IPS SMA Negeri I Srengat pada Awal Perkembangan Islam di Indonesia. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Siti Malikhah Towaf M.A Ph.D (II) Aditya Nugroho Widiadi M.Pd. Kata Kunci pengembangan e-modul efektifitas efisiensi daya tarik. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk membantu sekolah dalam menghadapi berbagai masalah yang berkaitan dengan pembelajaran terlebih diharapkan bisa memperkaya media-media pembelajaran yang bisa diterapkan di sekolah. Berdasarkan observasi awal pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Srengat pada umumnya hanya didominasi oleh guru (teacher centered) dan kurang bervariasi. Pembelajaran yang kurang bervariasi ini disebabkan keterbatasan media pembelajaran yang dimiliki. Padahal fasilitas yang tersedia sangat memungkinkan adanya laboratorium sejarah belum dimanfaatkan secara maksimal. Pembelajaran yang dilakukan relatif monoton meskipun fasilitas-fasilitas yang diperlukan sudah tersedia misalnya saja komputer. Oleh karena itu maka perlu dikembangkan media pembelajaran yang berbasis pada komputer. Hal ini dimaksudkan agar siswa tidak merasa jenuh ketika mengikuti pelajaran Sejarah. Salah satu media pembelajaran yang bisa dikembangkan untuk dijadikan salah satu alternatif adalah e-modul. Sehingga peneliti mengembangkan media e-modul yang disesuaikan dengan kebutuhan di SMA Negeri 1 Srengat. 12288 12288 12288 12288 Tujuan dalam pengembangan media ini adalah (1) untuk menghasilkan media pembelajaran Sejarah materi Awal Perkembangan Islam di Indonesia (2) mengetahui efektivitas dan efisiensi penggunaaan e-modul dalam pembelajaran Sejarah materi Awal Perkembangan Islam di Indonesia (3) mengetahui daya tarik siswa terhadap pembelajaran Sejarah dengan menggunakan e-modul. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan metode pengembangan yang dikemukakan oleh Sugiyono dengan 10 tahap pengembangan yaitu (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain prototipe (4) validasi prototipe (5) revisi prototipe I (6) uji coba prototipe tahap awal (7) revisi prototipe II (8) uji coba pemakaian (9) revisi prototipe tahap akhir (10) media siap dimanfaatkan. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan validasi oleh ahli materi diperoleh hasil 83 33% dengan kriteria sangat valid. Sedangkan validasi kepada ahli media memperoleh hasil 80% dengan kriteria sangat valid. Sementara itu berdasarkan hasil uji coba pemakaian kepada siswa diperoleh hasil efektifitas sebesar 81 25% dan terbukti efisien karena dengan waktu uji coba 3x45 siswa dapat mempelajari e-modul mengerjakan soal latihan dengan hasil 81 25%. Sedangkan dari hasil angket daya tarik siswa diperoleh hasil 78 13%. Dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media E-modul yang dikembangkan efektif efisien dan memiliki daya tarik untuk dijadikan salah satu alternatif media pembelajaran Sejarah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54734

Actions (login required)

View Item View Item