Perkembangan pabrik gula Meritjan di Kediri (1975-2013) / Ferari Antoinette Dian Hidayat - Repositori Universitas Negeri Malang

Perkembangan pabrik gula Meritjan di Kediri (1975-2013) / Ferari Antoinette Dian Hidayat

Hidayat, Ferari Antoinette Dian (2014) Perkembangan pabrik gula Meritjan di Kediri (1975-2013) / Ferari Antoinette Dian Hidayat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hidayat Ferari Antoinette. 2014. Perkembangan Pabrik Gula Meritjan di Kota Kediri (1945-2013). Skripsi Jurusan Sejarah. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. R. Reza Hudiyanto M.Hum. Pembimbing (II) Drs. Irawan M. Hum. Kata kunci Perkembangan Pabrik Gula Meritjan Kediri. 12288 12288 12288 12288 Kediri merupakan salah satu wilayah potensial yang dikuasai oleh Pemerintah Belanda di tahun 1830 akibat dari Perang Dipanegara. Setelah dikuasai Pemerintah Belanda mulai meluaskan pengaruh dalam bidang ekonomi. Salah satunya dengan mendirikan pabrik-pabrik gula di wilayah Karesidenan Kediri. Pabrik gula peninggalan Pemerintah Belanda yang masih eksis hingga saat ini adalah Pabrik Gula Meritjan yang berada di Kediri. Penelitian ini memiliki tiga rumusan masalah yaitu (1) Bagaimana latar belakang berdirinya Pabrik Gula Meritjan (2) Bagaimana perkembangan pabrik gula Meritjan di Kediri 1975-2013) (3) Bagaimana relevansi penelitian perkembangan pabrik gula Meritjan dengan dunia pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode sejarah mencakup heuristik yaitu pengumpulan sumber kritik sumber yaitu menguji kebenaran informasi. Interpretasi yaitu mencari makna dari fakta-fakta yang telah diperoleh dan Historiografi yaitu penulisan sejarah. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa latar belakang berdirinya Pabrik Gula Meritjan adalah kondisi ekologi wilayah Karesidenan Kediri yang memungkinkan untuk didirikannya sebuah industri. Kemudian faktor jumlah penduduk yang semakin meningkat hingga memungkinkan tersedianya buruh dengan upah rendah. Tanah yang subur untuk tanaman tebu juga menyebabkan pabrik gula dapat bertahan di wilayah Karesidenan Kediri sehingga pasokan bahan baku berupa tebu dapat terpenuhi. Perkembangan pabrik ini sangat dipengaruhi oleh kondisi politik dan ekonomi Indonesia. Hal ini ditemukan dengan adanya perubahan-perubahan yang terjadi di wilayah pabrik sebagian besar dikarenakan pergantian kebijakan baik dalam segi politik maupun ekonomi. 12288 12288 12288 12288 Nilai-nilai yang kita dapatkan dari penelitian ini diantaranya kedisiplinan tanggungjawab dan juga semangat gotong royong yang ditunjukkan oleh tenaga kerja Pabrik Gula Meritjan. Saran untuk penelitan selanjutnya dapat mengembangkan penulisan dan mengkaji lebih mendalam mengenai Perkembangan Pabrik Gula Meritjan dengan tema yang berbeda. Mengingat banyak keunikan yang dimiliki oleh pabrik ini selain dari sejarahnya misalnya saja dalam segi arsitektur bangunan maupun hubungan kemitraan antara petani dengan pabrik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54730

Actions (login required)

View Item View Item