Penerapan metode pembelajaran prediction guide untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar sejarah peminatan siswa kelas X IIS 2 SMA Brawijaya Smart School (BSS) Kota Malang / Dyah Maya Rezanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran prediction guide untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar sejarah peminatan siswa kelas X IIS 2 SMA Brawijaya Smart School (BSS) Kota Malang / Dyah Maya Rezanti

Rezanti, Dyah Maya (2014) Penerapan metode pembelajaran prediction guide untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar sejarah peminatan siswa kelas X IIS 2 SMA Brawijaya Smart School (BSS) Kota Malang / Dyah Maya Rezanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rezanti Dyah Maya. 2014. Penerapan Metode Pembelajaran Prediction Guide untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Sejarah Peminatan Siswa Kelas X IIS 2 SMA Brawijaya Smart School (BSS) Kota Malang. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (I) Drs. Marsudi M.Hum. (II) Drs. Mashuri M.Hum. Kata Kunci Keaktifan Hasil Belajar Prediction Guide Berdasarkan hasil observasi awal di SMA Brawijaya Smart School (BSS) Kota Malang diperoleh informasi bahwa selama kegiatan pembelajaran sejarah peminatan berlangsung di kelas X IIS 2 banyak siswa yang kurang aktif ketika guru menyampaikan materi. Sikap kurang aktif ini ditunjukkan dengan sedikitnya siswa yang bertanya berpendapat maupun mencatat point-point penting yang disampaikan guru. Disamping itu rata-rata nilai UTS kelas X IIS 2 juga tergolong rendah yakni 49.87 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 16.67%. Hanya terdapat 4 siswa yang mendapat nilai 8805 78 (KKM) dari 24 siswa yang mengikuti tes. Rendahnya keaktifan dan hasil belajar yang diperoleh menyebabkan perlunya menerapkan metode pembelajaran yang dapat merangsang keaktifan siswa dan meningkatkan hasil belajar mereka. Untuk itu peneliti menerapkan metode pembelajaran Prediction Guide. Rumusan masalah yang diambil dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Prediction Guide untuk siswa kelas X IIS 2 (2) bagaimana penerapan metode pembelajaran Prediction Guide dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas X IIS 2 pada mata pelajaran sejarah peminatan di SMA Brawijaya Smart School Kota Malang (2) bagaimana penerapan metode pembelajaran Prediction Guide dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IIS 2 pada mata pelajaran sejarah peminatan di SMA Brawijaya Smart School Kota Malang. Penelitian ini termasuk ke dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas X IIS 2 SMA BSS Kota Malang dengan menerapkan metode pembelajaran Prediction Guide. Pelaksanaan tindakan dalam penelitian ini dilakukan dalam dua siklus untuk mencapai taraf keberhasilan tindakan. PTK yang dilakukan oleh peneliti menggunakan tahap-tahap sesuai dengan teori Kemmis dan Mc Taggart yang dikembangkan dari teori Kurt Lewin. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I taraf keberhasilannya baik dan pada siklus II menjadi sangat baik. Penerapan metode pembelajaran Prediction Guide dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X IIS 2 SMA BSS Kota Malang. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata keaktifan siswa dari 6.6 pada siklus I menjadi 8.9 pada siklus II. Pada siklus I siswa kelas X IIS 2 masuk dalam klasifikasi kurang aktif yang kemudian pada siklus II mengalami peningkatan sehingga masuk dalam klasifikasi aktif. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa. Persentase ketuntasan belajar siswa siklus I adalah 32% dan meningkat menjadi 77% pada siklus II. Nilai rata-rata siswa meningkat dari 55.05 menjadi 81.40. Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian adalah (1)kepada guru dapat menerapkan metode pembelajaran Prediction Guide dalam kegiatan pembelajaran di kelas untuk memotivasi siswa agar lebih aktif dan meningkatkan hasil belajar mereka (2) kepada siswa dapat menggunakan metode pembelajaran Prediction Guide untuk lebih memahami dan menguasai materi pelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/54720

Actions (login required)

View Item View Item